Home / Olahraga / 4 Tahap Latihan Olahraga di Bulan Ramadhan – KOMPAS.com

4 Tahap Latihan Olahraga di Bulan Ramadhan – KOMPAS.com

Shutterstock Ilustrasi

KOMPAS.com – Bulan puasa seharusnya tak menjadi halangan untuk tetap melakukan rutinitas olahraga. Bila Anda memilih waktu dan jenis olahraga yang tepat, maka tak perlu takut letih dan mengganggu ibadah berpuasa.

Menurut National Fitness Training Manager Fitness First Indonesia, dr. Alia Basalamah, selama bulan Ramadhan, olahraga di bulan puasa harus dilakukan bertahap.

Di minggu pertama adalah ketahanan stabilitas. Latihan ini untuk memperbaiki postural tubuh, sehingga terbiasa memiliki kontrol gerak yang lebih baik saat melakukan aktivitas sehari-hari.

Di pekan kedua, Anda bisa melakukan adaptasi otot yang berguna untuk membangun dan ketahanan otot agar bisa tetap aktif melakukan latihan fisik. Di pekan ketiga, Anda bisa total melakukan body tension untuk menjaga dan meningkatkan koordinasi tubuh melalui gerakan tubuh yang bergerak ke segala arah.

Di minggu terakhir adalah aktivasi otot inti. Intensitas latihan pada minggu ini akan berkurang dan difokuskan untuk menguatkan otot inti.

"Latihan untuk empat tahapan ini sangat sederhana dan bisa dilakukan di mana saja. Apabila membutuhkan alat, maka bisa ditemukan dengan mudah, tak perlu ke tempat fitness. Misalnya di tangga kantor," kata Alia dalam acara temu media di Fitness First Platinum mal Senayan City, Jakarta Selasa (23/5/2017).

KOMPAS.com/KAHFI DIRGA CAHYA Gerakan plank jack saat sesi workout di Fitness First Indonesia Senayan CityBila ingin menggunakan beban di tangan, kita bisa memanfaatkan botol yang berisi air atau pasir. Selain itu, Anda tak perlu pusing untuk mencari matras, cukup dilakukan di karpet.

Ke-4 tahapan latihan ini merupakan bagian dari Blisfully Fit For Ramadhan dan Fitness First Indonesia. Anda bisa lebih mengeksplorasi berbagai jenis latihan serta tips berolahraga selama bulan puasa dengan mengunduh aplikasi CustomFit di iOS atau Android seharga Rp 15.000.

Kompas Lifestyle berkesempatan mengikuti sesi workout untuk ramadhan dari Fitness First Indonesia. Ada 10 gerakan yang dilakukan, antara lain reverse step with arm drive, dumbell squat with press, hingga push-up to plank row. Seluruh gerakan itu juga terdapat dalam aplikasi CustomFit.

Gerakan-gerakan tersebut memiliki tingkat intensitas berbeda. Gerakan dengan intensitas paling tinggi adalah dumbell squat with press. Dalam gerakan ini, kita membawa beban di kedua tangan, kemudian di pegang sejajar bahu. Perlahan, tekuk lutut sampai posisi setengah duduk, lalu kembali ke posisi berdiri sambil mengangkat beban ke atas. Lakukan beberapa kali.

Dijelaskan oleh Trainer Fitness First, Cisco, secara keseluruhan ke-10 gerakan tersebut memiliki intensitas ringan ke sedang, sehingga cocok untuk jenis olahraga saat bulan puasa.

Berita TerkaitTiga Kesalahan Olahraga Saat Bulan PuasaJeda dari Olahraga Itu PerluYang Terjadi Pada Tubuh Saat Kita Berhenti OlahragaMana Lebih Sehat untuk Jantung, Diet atau Olahraga?Waktu Terbaik Berolahraga Saat Bulan Puasa Terkini Lainnya Cara Paling Sehat Memasak Jamur Cara Paling Sehat Memasak Jamur Eat Good 28/05/2017, 08:08 WIB Bagaimana Tetap Menarik Meski Tidak Ganteng Bagaimana Tetap Menarik Meski Tidak Ganteng Feel Good 27/05/2017, 19:00 WIB Tahukah Anda Ada Orang Fobia Tertawa? Tahukah Anda Ada Orang Fobia Tertawa? Feel Good 27/05/2017, 16:50 WIB Jangan Berikan Jus Buah Pada Anak di Bawah 1 Tahun, Ini Bahayanya... Jangan Berikan Jus Buah Pada Anak di Bawah 1 Tahun, Ini Bahayanya… Eat Good 27/05/2017, 10:15 WIB Perhatian Ayah ke Anak Perempuan Lebih Besar Ketimbang Anak Laki-laki Perhatian Ayah ke Anak Perempuan Lebih Besar Ketimbang Anak Laki-laki Feel Good 27/05/2017, 09:12 WIB Jangan Sampai Anda Dikucilkan Karena Terlihat Tak Bergairah Jangan Sampai Anda Dikucilkan Karena Terlihat Tak Bergairah Feel Good 27/05/2017, 08:07 WIB Merawat Imajinasi Anak Merawat Imajinasi Anak Feel Good 27/05/2017, 07:08 WIB Cegah Tindak Kejahatan pada Anak, KPAI Luncurkan Aplikasi 'Online' Cegah Tindak Kejahatan pada Anak, KPAI Luncurkan Aplikasi "Online" Feel Good 26/05/2017, 19:09 WIB Agar Puasa Tak Gampang Lapar, Pilih Buah Kaya Serat Agar Puasa Tak Gampang Lapar, Pilih Buah Kaya Serat Eat Good 26/05/2017, 19:00 WIB Mandi Bunga dengan Produk Perawatan Tubuh Beraroma Anggrek dan Neroli Mandi Bunga dengan Produk Perawatan Tubuh Beraroma Anggrek dan Neroli Look Good 26/05/2017, 17:44 WIB Mengapa Melania Trump Pilih Busana Hitam Saat Bertemu Paus? Mengapa Melania Trump Pilih Busana Hitam Saat Bertemu Paus? Look Good 26/05/2017, 17:00 WIB Agar CV Anda Tak Hanya Jadi Tumpukan di Bagian HRD Agar CV Anda Tak Hanya Jadi Tumpukan di Bagian HRD Feel Good 26/05/2017, 15:20 WIB Kurangi Kalori untuk Memperlambat Penuaan Kurangi Kalori untuk Memperlambat Penuaan Look Good 26/05/2017, 13:04 WIB Tips Sehat Berpuasa untuk Ibu Hamil Tips Sehat Berpuasa untuk Ibu Hamil Eat Good 26/05/2017, 12:15 WIB Latih Motorik Halus Balita dengan Belajar Makan Sendiri Latih Motorik Halus Balita dengan Belajar Makan Sendiri Eat Good 26/05/2017, 11:30 WIB Load MoreSumber: Google News

About Redaksi

Check Also

Menpora Gagas Hari Bersepeda Nasional – KOMPAS.com

Dok. Kemenpora Menpora Imam Nahrawi bersepeda bersama ribuan masyarakat Tanah Laut, Kalimantan Selatan, Sabtu pagi …