Home / Politik / Anies Singgung Elite Politik Masih Berpikir Sempit Soal RUU Pemilu – Detikcom (Siaran Pers) (Pendaftaran)

Anies Singgung Elite Politik Masih Berpikir Sempit Soal RUU Pemilu – Detikcom (Siaran Pers) (Pendaftaran)

Minggu 16 Juli 2017, 14:03 WIB Anies Singgung Elite Politik Masih Berpikir Sempit Soal RUU Pemilu Hary Lukita Wardani – detikNews Anies Singgung Elite Politik Masih Berpikir Sempit Soal RUU PemiluFoto: Ari Saputra Jakarta – Gubernur DKI Jakarta terpilih Anies Baswedan menyinggung para elite politik terkait RUU Pemilu yang deadlock. Anies mengatakan pemimpin politik masih berpikir sempit dalam permasalahan besar.
"Apa yang menjadi masalah, titik temunya harus dicari ini lagi banyak nyinggung Pak Lukman Edy (Ketua Pansus RUU Pemilu). Bukan hanya ada aspek politik tapi politik ini penting salah satu yang utama masalah pengambilan kebijakan, pemimpin tidak bisa membebaskan dirinya dari pemikiran jangka pendek dan kecil untuk keputusan jangka panjang," ujar Anies saat sambutan dalam acara halalbihalal di DPP PKS, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Minggu (16/7/2017).
Anies menganalogikan situasi pengambilan kebijakan oleh elite politik saat ini seperti kendaraan di jalanan yang tidak bergerak karena lampu lalu lintas yang mati. Saat itu semua orang hanya memikirkan bagaimana kendaraannya lewat.
"Kalau dianalogikan seperti mengambil keputusan saat lampu lalu lintas mati. Semua mengambil keputusan untuk diri masing-masing seingga macet, stuck. Tidak bergerak. Masing-masing memikirkan kendaraan kita, bukan memikirkan bagaimana lewat lampu merah dengan baik," jelas Anies.
Ia menuturkan kondisi saat ini adalah pemimpin yang sudah berada pada posisi makro masih mempunyai pemikiran mikro. Sehingga negara masih mengalami deadlock dalam isu ataupun ketimpangan sosial.
"Pemimpinnya sudah mengendalikan posisi makro tapi pemikirannya mikro. Ini yang terjadi dibanyak negara efeknya, kebijakan yang dihasilkan kebijakan yang tidak menghasilkan," tutur Anies.
"Titik temunya bagaimana berpikir makro saat mengambil keputusan untuk orang banyak dan menomor satukan keadilan. Insya Allah kita mulai di Jakarta dan semoga sampai ke nasional," tutup Anies.
(lkw/knv)Sumber: Google News

About Redaksi

Check Also

Partai Golkar Siapkan Mesin Politik Jika Ditinggal Setnov – CNN Indonesia

Sumber: Google News Related

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *