Home / Teknologi / Aulia E. Marinto : Masih Banyak UMKM Belum Melek Teknologi Digital – Warta Kota

Aulia E. Marinto : Masih Banyak UMKM Belum Melek Teknologi Digital – Warta Kota

Aulia E. Marinto : Masih Banyak UMKM Belum Melek Teknologi Digital

"Program UMKM Go Online diharapkan bisa mewujudkan UMKM yang mempunyai kemampuan bersaing di tingkat regional dan global," ujarnya.

Minggu, 28 Mei 2017 11:06 Aulia E. Marinto : Masih Banyak UMKM Belum Melek Teknologi DigitalIstimewaKetua Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA), Aulia E. Marinto.

Laporan Wartawan Wartakotalive.com, Ign Agung Nugroho

WARTA KOTA, PALMERAH — Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) mendukung langkah pemerintah mencanangkan terciptanya 8 juta UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) Online pada tahun 2020 mendatang.

"Hal ini perlu didorong, sebab saat ini masih banyak UMKM yang belum cukup melek teknologi digital," kata Aulia E. Marinto, Ketua idEA lewat keterangan tertulisnya kepada Wartakotalive.com, Kamis (25/5/2017) lalu.

Aulia menjelaskan, saat ini, menurut data dari Google Indonesia, potensi 8 juta UMKM Go Online itu sudah terlihat.

Namun, Pemerintah berupaya, agar 8 juta UMKM Go Online tidak sekadar jadi angka statistik saja.

Angka tersebut harus jadi 8 juta UMKM Go Online yang benar-benar jadi kekuatan baru ekonomi untuk mendukung perekonomian digital Indonesia.

"Upaya menjadikan 8 juta UMKM go online yang tangguh inilah yang perlu diprakarsai secara bersama oleh berbagai pihak. Harus ada sinkronisasi dari berbagai pihak terkait (stakeholders) untuk mewujudkan Ekonomi Kerakyatan Digital berbasis UMKM," katanya.

Upaya sinkronisasi ini setidaknya harus melibatkan berbagai unsur seperti Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian, Kementerian Koperasi dan UMKM, Badan Ekonomi Kreatif, pemerintah daerah, komunitas dan Inkubator UMKM, perguruan tinggi, dan asosiasi pendukung lainnya.

"Upaya sinkronisasi tersebut harus dilakukan demi mewujudkan Indonesia sebagai The Digital Energy of Asia," kata Aulia yang juga sebagai CEO Blanja.com itu.

Untuk mewujudkan semua itu, kata Aulia perlu standar pelaksanaan, kurikulum edukasi, dan panduan yang sama.

Halaman selanjutnya 12

Penulis: Ign Agung Nugroho Editor: murtopo Sumber: Warta Kota Ikuti kami di Lupa Matikan Lampu Kamera, Aksi Mesum Pelaku Ketahuan oleh Korban Sumber: Google News

About Redaksi

Check Also

Aeroterrascan, Perusahaan Lokal yang Produksi Drone untuk … – Metro TV News

Metro TV News Aeroterrascan, Perusahaan Lokal yang Produksi Drone untuk …Metro TV News“Dengan adanya teknologi …