Home / Bisnis / Bazar Ramadan, Jadi Peluang Bisnis Bagi UMKM Kuliner – Rakyatku.Com

Bazar Ramadan, Jadi Peluang Bisnis Bagi UMKM Kuliner – Rakyatku.Com

RAKYATKU.COM,MAKASSAR – Bulan Ramadan memang penuh berkah. Tidak salah jika bulan puasa ini juga dijadikan momen bagi para para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk mencari peluang bisnis, utamanya di sektor kuliner.

Memenuhi kebutuhan berbuka puasa, masyarakat akan diberi beragam pilihan sajian kuliner berupa takjil. Mulai dari takjil yang dijajakan pedagang kaki lima (PKL) hingga takjil yang dijajakan di sejumlah bazar maupun festival Ramadan.

Sekretaris Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sulsel Yusran IB Hernald menyebutkan, hal itulah yang kemudian menjadi peluang yang dimanfaatkan para pelaku UMKM sektor kuliner. Selain menjajakan produk kulinernya, bazar maupun festival Ramadan juga menjadi ajang untuk UMKM mempromosikan produk buatannya.

“Peluang bisnis kuliner Ramadan, menjadi prospek yang baik seiring tingginya kebutuhan masyarakat akan makanan, misalnya makanan jadi, kue, lauk pauk. Sehingga hal ini banyak dimanfaatkan oleh pengusaha UMKM yang sifatnya temporer,” ujar Yusran.

Selama Ramadan, Apindo juga mendorong UMKM binaannya untuk turut aktif mengikuti bazar maupun festival Ramadan. Rata-rata UMKM binaan Apindo membuka outlet di tempat-tempat yang menjadi space penjualan kebutuhan Ramadan dan mengikuti bazar yang ada.

Di Makassar sendiri beberapa tahun terakhir, sejumlah lokasi sudah menjadi area rutin digelarnya bazar atau festival Ramadan. Beberapa di antaranya, Anjungan Pantai Losari, Kompleks Pasar Segar, Jalan Mappanyukki, pelataran gedung IMMIM-Jalan Jenderal Sudirman, pelataran gedung Telkom-Jalan AP Pettarani, dana beberapa lokasi lainnya.

Tidak sedikit masyarakat Kota Makassar yang mengunjungi bazar maupun festival Ramadan tersebut. Terlebih bagi orang-orang sibuk dengan pekerjaan sehingga tidak memiliki waktu yang cukup untuk membuat sajian buka puasa sendiri di rumah.

“Saya rasa UMKM kita sudah cukup pandai memanfaatkan peluang yang ada. Tidak hanya di momen Ramadan, namun di luar Ramadan juga, itulah bagaimana kita aktif mengikutkan UMKM binaan kami dalam pelatihan-pelatihan, baik yang digelar Apindo maupun pihak eksternal,” jelas Yusran.

Ia menambahkan, pelatihan-pelatihan yang aktif diikuti sekitar 200 UMKM binaannya termasuk pelatihan e-commerce. Hal itu menurut Yusran, agar para pelaku UMKM binaannya juga mampu memanfaatkan peluang usaha dengan dengan mengikuti perkembangan teknologi yang ada saat ini.

Sumber: Google News

About Redaksi

Check Also

Akhirnya, Porsche 911 Carrera GTS Mengaspal di Indonesia!

Jakarta, AutonetMagz.com – Hari ini (26/7) di Porsche Centre Jakarta yang juga merupakan Porsche terbesar di Asia Tenggara, awak media diundang untuk dapat melihat peluncuran Porsche 911 Carrera GTS. Mobil yang sudah dinantikan oleh pecinta sports car tanah air ini ditampilkan dengan kelir berwarna merah yang sangat menarik perhatian. Apa saja spesifikasi dari mobil satu ini? Porsche 911 Carrera GTS ini dibekali oleh mesin flat-six twin turbocharged 3.000 cc yang sama dengan milik Carrera dan Carrera S, namun diangkat tenaganya jadi 450 hp di 6.500 rpm, 30 hp lebih besar daripada Carrera S dan 20 hp lebih besar daripada model sebelumnya. Torsi besar di angka 550 Nm bisa diraih sejak 2.000 rpm dan terus ada hingga 5.000 rpm. Lebih menggiurkan daripada 911 Carrera dan Carrera S bukan? Tak heran, sebab 911 GTS memang diperuntukan bagi kalian yang ingin memiliki mobil dengan performa lebih tinggi daripada varian S, namun tidak segarang GT3 yang sudah mulai track-oriented. Untuk performany..