Home / Kesehatan / Dinkes Nabire Diajak Wujudkan Germas – Suara Papua

Dinkes Nabire Diajak Wujudkan Germas – Suara Papua

Kepala Dinas Kesehatan Nabire, Yulian Agapa (baju merah) dalam satu kegiatan beberapa waktu lalu di Nabire. (IST – SP)

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Dinas Kesehatan Kabupaten Nabire sesuai tugas, fungsi, dan kewenangannya diminta secara maksimal berupaya untuk mewujudkan gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) yang telah dicanangkan secara nasional tahun ini.

Amirullah Hasyim, wakil bupati kabupaten Nabire, saat membuka forum diskusi Germas yang diselenggarakan Dinas Kesehatan Provinsi Papua, Kamis (13/7/2017) di Nabire, menghimbau pihak Dinkes untuk dapat melanjutkan Germas demi kebaikan bersama.

Untuk itu, ia berharap, semua pihak harus proaktif mendukung dan melakukan gerakan guna meningkatkan taraf hidup sehat dengan melakukan 12 indikator hidup sehat.

– Event – Festival Film Papua

Wabup menjelaskan, Germas merupakan Instruksi Presiden Nomor 1 tahun 2017 tentang gerakan masyarakat hidup sehat melalui peningkatan aktivitas fisik, peningkatan perilaku hidup sehat, penyediaan pangan sehat dan percepatan perbaikan gizi, peningkatan pencegahan dan deteksi dini penyakit, peningkatan kualitas lingkungan, dan peningkatan edukasi hidup sehat.

Dengan 12 indikator hidup sehat tersebut, pihaknya menghimbau agar dapat ditindaklanjuti hingga ke tingkat bawah.

“Semua peserta agar dapat menyesuaikan program ini, dimulai dari dalam keluarga. Kepada para petugas kesehatan agar segera menindaklanjuti,” pesan Wabup.

Ia juga mengingatkan, keberhasilan gerakan masyarakat hidup sehat, tergantung pada partisipasi aktif semua stakeholder dan masyarakat itu sendiri. “Perlu ditekankan bahwa pelaksanaan Germas ini harus diawali dari keluarga, karena keluarga adalah bagian terkecil dari masyarakat yang membentuk kepribadian, melalui proses pembelajaran hingga menuju kemandirian,” kata Amirullah.

Yulian Agapa, kepala Dinas Kesehatan kabupaten Nabire, mengatakan, secara umum Germas bertujuan menyadarkan masyarakat untuk berperilaku hidup sehat.

“Germas membangkitkan rasa tanggung jawab bahwa hidup sehat harus diawali dari diri sendiri, keluarga baru ke masyarakat,” kata Agapa.

Diakuinya, pada pertemuan tersebut fokus membahas tiga indikator utama dari dua belas perilaku hidup bersih dan sehat yang termuat dalam Germas.

“Ada diskusi penggalangan komitmen Germas jalan santai (aktivitas fisik) 30 menit per hari, pemeriksaan rutin (gula darah, kolesterol, asam urat), dan makan buah tiap hari. Dengan melakukan tiga indikator ini untuk menghindari penyakit tidak menular,” jelas Agapa.

REDAKSI

Sumber: Google News

About Redaksi

Check Also

EMPAT Kiat yang Membuat Hidup Tetap Sehat di Usia Tua – Tribun Jateng

EMPAT Kiat yang Membuat Hidup Tetap Sehat di Usia Tua Penuaan merupakan sebuah proses normal …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *