Home / Politik / Menanamkan Nilai-nilai Pancasila Lewat Seni dan Budaya – BeritaSatu

Menanamkan Nilai-nilai Pancasila Lewat Seni dan Budaya – BeritaSatu

Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (tengah) menghadiri Pembukaan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) LPP DPP PKB di Kantor DPP PKB, Jakarta, 29 April 2017. Menanamkan Nilai-nilai Pancasila Lewat Seni dan Budaya

Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (tengah) menghadiri Pembukaan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) LPP DPP PKB di Kantor DPP PKB, Jakarta, 29 April 2017. (Antara/Reno Esnir)

Jakarta – Penanaman nilai-nilai Pancasila dapat dilakukan berbagai cara. Membumikan Pancasila juga jangan berlangsung secara tekstual atau monolog.

Demikian disampaikan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar menanggapi peringatan hari lahir Pancasila pada 1 Juni.

Menurut pria yang akrab dipanggil Cak Imin ini, Pancasila perlu dikampanyekan melalui kesenian dan kebudayaan. “Seni sebagai karya mampu menyentuh, bukan hanya pikiran tapi juga hati,” kata Cak Imin di Graha Gus Dur, Kantor DPP PKB, Jakarta, Rabu (31/5).

Dalam dunia yang sangat maju dari segi teknologi, Cak Imin menyatakan, hanya butuh lebih banyak kreativitas dalam membumikan Pancasila. “Kreativitas dan kemauan kuat,” ujarnya.

Dia berharap agar para seniman turut aktif terlibat dengan membuat syair, lagu, novel, dan film yang mengandung nilai-nilai refleksi persatuan dan persaudaraan. Selain itu juga penghargaan atas perbedaan sebagaimana menjadi nilai-nilai dari Pancasila.

“Biarkan anak-anak muda menontonnya, membacanya, dan menyanyikannya untuk dinikmati sendiri atau bersama-sama,” tandasnya.

Suara Pembaruan

Carlos KY Paath/PCN

Suara Pembaruan

Sumber: Google News

About Redaksi

Check Also

Politik Jabar Mulai Memanas, Ridwan Kamil Buat Golkar Meradang – SINDOnews.com (Siaran Pers)

Politik Jabar Mulai Memanas, Ridwan Kamil Buat Golkar Meradang Asep Supiandi Selasa, 25 Juli 2017 …