Home / Bisnis / Menimbang peluang bisnis Soto Lamongan Cak Bukin – Kontan

Menimbang peluang bisnis Soto Lamongan Cak Bukin – Kontan

PELUANG USAHA / PELUANG USAHA Menimbang peluang bisnis Soto Lamongan Cak Bukin Jumat, 02 Juni 2017 / 16:45 WIB Menimbang peluang bisnis Soto Lamongan Cak Bukin

JAKARTA. Soto menjadi salah satu kuliner khas nusantara. Ada banyak ragamnya, mengikuti daerah di mana soto itu berada. Salah satu yang terkenal adalah soto khas Lamongan. Alhasil, banyak pelaku bisnis kuliner yang menyajikan soto berkuah kuning ini.

Seperti yang dilakoni Masbukhin, pemilik Soto Lamongan Cak Bukin di Jakarta. Mendirikan gerai soto Juli 2016, Masbukhin langsung menawarkan kemitraan usaha. Saat ini, Soto Lamongan Cak Bukin belum memiliki mitra. Namun, gerai pusat ada tiga di Jakarta dan Bekasi.

Kemitraan ini menawarkan paket investasi senilai Rp 25 juta. Mitra akan dilengkapi dengan gerobak kayu, peralatan produksi, peralatan saji, peralatan tambahan, perlengkapan kerja, perlengkapan promosi awal dan bahan baku awal yang cukup untuk 50 porsi.

Biaya investasi juga sudah mencakup biaya franchise selama lima tahun. Ada pun untuk biaya royalti dikenakan sebesar 3%-5% dari omzet bulanan. Mitra juga wajib membeli bumbu kering ke pusat. Sementara bahan baku dasar seperti ayam dan sayuran bisa beli di luar.

Masbukhin menargetkan, mitra bisa meraih omzet minimal Rp 650.000 per hari atau Rp 19,5 juta per bulan. Bahkan jika lokasi usahanya ramai, mitra diprediksi bisa mengantongi omzet Rp 1 juta per hari.

Dengan laba bersih sekitar Rp 3,5 juta per bulan, mitra diprediksi mitra bisa mendapatkan modalnya kembali dalam tujuh bulan hingga satu tahun. Menurut Masbukhin, biaya operasional terbesar habis untuk pengadaan bahan baku yang nilainya bisa mencapai 60% dari omzet atau sekitar Rp 11,7 juta per bulan.

"Setelah dikurangi biaya operasional lainnya, laba bersihnya sekitar Rp 3,5 juta per bulan," jelasnya. Dalam satu gerai paling tidak dibutuhkan dua orang karyawan untuk melayani penjualan dari pagi hingga sore hari.

Harga satu mangkok Soto Lamongan Cak Bukin dibanderol Rp 15.000 hingga Rp 22.000. Soto Lamongan Cak Bukin menawarkan dua pilihan menu ayam, yaitu ayam kampung seharga Rp 20.000 per mangkok dan ayam merah yang dihargai Rp 15.000 per mangkok.

Ia juga menyediakan menu makanan tambahan, seperti tahu, tempe, sate usus dan telur puyuh. Selain bahan baku ayam yang terjamin kualitasnya, ia mengklaim keunggulan Soto Lamongan Cak Bukin terletak pada rasa kuah yang legit dengan racikan bumbu yang dijamin sedap di lidah.

Masbukhin menargetkan, tahun ini bisa menggaet minimal enam mitra usaha di wilayah Jabodetabek.

Reporter Danielisa Putriadita Editor Havid Vebri

USAHA IKM

  • Terpopuler
  • Terkomentari
  1. Ketua MPR berduka dengan aksi teror di Sumut
  2. H+1 jalur mudik masih dipadati kendaraan
  3. Menteri BUMN ingin hubungan baik dengan DPR
  4. Pertamina jamin BBM aman selama arus balik
  5. Prosesi mudik, ekonomi Jawa paling diuntungkan
  1. Terimbas longsor, jalur mudik Jember macet total
  2. Anggaran polri diusulkan disandera, ini kata Tito
  3. Yusuf Mansur dilaporkan ke polisi
  4. Kejagung: Hary Tanoe sudah jadi tersangka
  5. Polri pastikan Hary Tanoe sudah jadi tersangka

Feedback ↑ x Feedback ↓ x Close [X] Sumber: Google News

About Redaksi

Check Also

Akhirnya, Porsche 911 Carrera GTS Mengaspal di Indonesia!

Jakarta, AutonetMagz.com – Hari ini (26/7) di Porsche Centre Jakarta yang juga merupakan Porsche terbesar di Asia Tenggara, awak media diundang untuk dapat melihat peluncuran Porsche 911 Carrera GTS. Mobil yang sudah dinantikan oleh pecinta sports car tanah air ini ditampilkan dengan kelir berwarna merah yang sangat menarik perhatian. Apa saja spesifikasi dari mobil satu ini? Porsche 911 Carrera GTS ini dibekali oleh mesin flat-six twin turbocharged 3.000 cc yang sama dengan milik Carrera dan Carrera S, namun diangkat tenaganya jadi 450 hp di 6.500 rpm, 30 hp lebih besar daripada Carrera S dan 20 hp lebih besar daripada model sebelumnya. Torsi besar di angka 550 Nm bisa diraih sejak 2.000 rpm dan terus ada hingga 5.000 rpm. Lebih menggiurkan daripada 911 Carrera dan Carrera S bukan? Tak heran, sebab 911 GTS memang diperuntukan bagi kalian yang ingin memiliki mobil dengan performa lebih tinggi daripada varian S, namun tidak segarang GT3 yang sudah mulai track-oriented. Untuk performany..