Home / Politik / Misbakhun: BPK Tetap Lembaga Auditor yang Kredibel – BeritaSatu

Misbakhun: BPK Tetap Lembaga Auditor yang Kredibel – BeritaSatu

M. Misbakhun, Anggota DPRI RI Komisi XI Bidang Keuangan dan Perbankan dari Fraksi Partai Golkar Misbakhun: BPK Tetap Lembaga Auditor yang Kredibel

M. Misbakhun, Anggota DPRI RI Komisi XI Bidang Keuangan dan Perbankan dari Fraksi Partai Golkar (Beritasatu)

Jakarta– Kejadian Operasi Tangkap Tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap oknum Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan Kementerian Desa dan PDDT tak seharusnya menurunkan kredibilitas lembaga auditor keuangan negara itu. Kelalaian oknum pegawai bukan berarti bisa dianggap sebagai kesalahan secara kelembagaan.

Menurut Anggota Komisi XI DPR, M.Misbakhun, BPK tetap merupakan lembaga auditor yang sah dan kredibel. Keberadaannya juga diatur undang-undang.

“Saya masih percaya bahwa BPK secara kelembagaan masih kredibel. Mekanisme yang dibangun, sistem kerja dan tata kelola di lembaga yang mempunyai tugas sebagai supreme auditor keuangan negara itu sudah terbangun dengan baik,” kata Misbakhun, Minggu (28/5).

Menurut dia, kejadian OTT oleh KPK adalah terhadap oknum auditor BPK yang lalai dalam menjalankan tugas. Hal itu tidak bisa serta merta kemudian dijadikan sarana untuk menghukum BPK secara kelembagaan.

"Yang pasti, silakan KPK bekerja menuntaskan kasus OTT tersebut sesuai dengan kewenangannya,” ujar Misbakhun.

Misbakhun menyatakan perlu menekankan hal itu karena melihat sedang ada upaya penggiringan opini yang menyudutkan BPK. Kata dia, belakangan ini memang muncul berbagai komentar yang menyebut opini wajar tanpa pengecualian (WTP) hasil audit BPK bisa ditransaksikan.

Padahal, baru saja Pemerintahan Jokowi-JK memperoleh opini WTP dari BPK untuk laporan keuangan 2016. Dan hasil itu adalah perbaikan dari manajemen pemerintahan sebelumnya, yang sejak 2004 tak pernah berhasil memperoleh predikat WTP.

Misbakhun memastikan, bahwa opini hasil pemeriksaan BPK didasarkan pada audit atas program kerja dan kinerja keuangan kementerian/lembaga. “Sehingga opini yang dihasilkan memang layak dan kredibel,” tegasnya.

Tak dibantah oleh Misbakhun bahwa memang ada kelemahan yang dimanfaatkan oleh oknum BPK. Baginya, hal itu wajar karena tak ada satu sistem kerja di dunia yang tak ada celah untuk diekspoitasi oknum.

Dalam konteks itu, Misbakhun meminta pimpinan BPK segera melakukan evaluasi secara menyeluruh. Pimpinan BPK juga harus mengingatkan seluruh pejabat dan pegawai untuk menjaga muruah dan kehormatan lembaga.

"Sebagai anggota Komisi XI DPR yang menjadi mitra kerja BPK, saya tahu betul upaya BPK dalam meningkatkan kualitas para auditornya.‎ BPK punya pola pelatihan terpadu. BPK juga sedang membangun sistem audit berbasis teknologi informasi," ulasnya.

Misbakhun juga mengapresiasi langkah Ketua BPK baru, Moermahadi, yang mendukung upaya KPK dalam mengungkap kasus dugaan suap terhadap auditor BPK. Dukungan Ketua BPK kepada KPK menjadi bukti bahwa secara kelembagaan BPK serius membangun sistem yang kredibel dan jauh dari korupsi.

"Saya memberikan apresiasi atas langkah-langkah Ketua BPK tersebut,” imbuhnya.

Markus Junianto Sihaloho/FMB

BeritaSatu.com

Sumber: Google News

About Redaksi

Check Also

Partai Golkar Siapkan Mesin Politik Jika Ditinggal Setnov – CNN Indonesia

Sumber: Google News Related