Home / Olahraga / Negosiasi OCA, Inasgoc Akan Kurangi 10 Nomor Pertandingan – BeritaSatu

Negosiasi OCA, Inasgoc Akan Kurangi 10 Nomor Pertandingan – BeritaSatu

Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani didampingi Ketua Inasgog Erick Tohir memimpin rapat persiapan Asian Games 2018 di Jakarta, Jumat, 26 Mei 2017. Negosiasi OCA, Inasgoc Akan Kurangi 10 Nomor Pertandingan

Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani didampingi Ketua Inasgog Erick Tohir memimpin rapat persiapan Asian Games 2018 di Jakarta, Jumat, 26 Mei 2017. (Istimewa/Asni Ovier)

Jakarta – Menteri Koordinator (Menko) Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) sekaligus Wakil Ketua Tim Pengarah Kepanitiaan Asian Games 2018, Puan Maharani mengungkapkan bahwa pemerintah melalui Inasgoc (panita pelaksana Indonesia) akan kembali bernegosiasi mengenai jumlah nomor pertandingan dengan Olympic Commitee of Asia (OCA/Dewan Olimpade Asia).

Ditemui usai menghadiri rapat mengenai pelaksanaan Asian Games di kantor Wakil Presiden (Wapres), Jakarta, Puan mengatakan pemerintah berencana mengurangi 10 nomor pertandingan dari 431 yang telah disetujui oleh OCA.

"Cabang olahraga (cabor) yang sudah disetujui ada 39 dengan 431 nomer pertandingan yang nantinya kemungkinan masih akan dinegosiasikan untuk bisa dikurangi. 10 event yang kemungkinan kita akan negosiasikan untuk dikurangi lagi," kata Puan sebelum meninggalkan kantor Wapres, Jakarta, Senin (29/5).

Dengan pengurangan kembali tersebut, ia mengharapkan Indonesia selaku tuan rumah bisa fokus pada cabor yang berpotensi meraih medali. Namun, tidak disebutkan 10 nomor pertandingan yang akan diminta untuk dikurangi tersebut.

"Kita harapkan bisa dinegosiasikan oleh ketua Inasgoc kepada OCA," ujar Puan.

Perihal cabor, sebagaimana dikutip dari AFP, OCA secara resmi menetapkan 39 cabor yang akan dipertandingkan di gelaran Asian Games Jakarta-Palembang, 18 Agustus-2 September 2018. Dari 39 cabor tersebut, akan dipertandingkan 426 nomor dari 53 disiplin olahraga.

Kemudian, dari 39 cabor tersebut, sebanyak 31 merupakan olympic sports, 5 cabang non olimpiade dan tiga usulan dari Indonesia yaitu paralayang, jetski dan bridge.

Untuk diketahui, sebelumnya, Indonesia memang mengajukan pengurangan cabor dari 42 menjadi 36. Salah satu alasan utama pengurangan tersebut adalah menghemat biaya penyelenggaraan pesta olahraga empat tahunan se-Asia tersebut.

Suara Pembaruan

Novi Setuningsih/YUD

Suara Pembaruan

Sumber: Google News

About Redaksi

Check Also

Menpora Gagas Hari Bersepeda Nasional – KOMPAS.com

Dok. Kemenpora Menpora Imam Nahrawi bersepeda bersama ribuan masyarakat Tanah Laut, Kalimantan Selatan, Sabtu pagi …