Home / Pedoman Pemberitaan Media Siber

Pedoman Pemberitaan Media Siber

Kemerdekaan berpendapat, kemerdekaan berekspresi, dan kemerdekaan pers adalah hak asasi manusia yang dilindungi Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, dan Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia PBB. Keberadaan media siber di Indonesia juga merupakan bagian dari kemerdekaan berpendapat, kemerdekaan berekspresi, dan kemerdekaan pers.

Media siber memiliki karakter khusus sehingga memerlukan pedoman agar pengelolaannya dapat dilaksanakan secara profesional, memenuhi fungsi, hak, dan kewajibannya sesuai Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers dan Kode Etik Jurnalistik. Untuk itu Dewan Pers bersama organisasi pers, pengelola media siber, dan masyarakat menyusun Pedoman Pemberitaan Media Siber sebagai berikut:

1. Ruang Lingkup
a. Media Siber adalah segala bentuk media yang menggunakan wahana internet dan melaksanakan kegiatan jurnalistik, serta memenuhi persyaratan Undang-Undang Pers dan Standar Perusahaan Pers yang ditetapkan Dewan Pers.
b. Isi Buatan Pengguna (User Generated Content) adalah segala isi yang dibuat dan atau dipublikasikan oleh pengguna media siber, antara lain, artikel, gambar, komentar, suara, video dan berbagai bentuk unggahan yang melekat pada media siber, seperti blog, forum, komentar pembaca atau pemirsa, dan bentuk lain.

2. Verifikasi dan keberimbangan berita
a. Pada prinsipnya setiap berita harus melalui verifikasi.
b. Berita yang dapat merugikan pihak lain memerlukan verifikasi pada berita yang sama untuk memenuhi prinsip akurasi dan keberimbangan.
c. Ketentuan dalam butir (a) di atas dikecualikan, dengan syarat:
1) Berita benar-benar mengandung kepentingan publik yang bersifat mendesak;
2) Sumber berita yang pertama adalah sumber yang jelas disebutkan identitasnya, kredibel dan kompeten;
3) Subyek berita yang harus dikonfirmasi tidak diketahui keberadaannya dan atau tidak dapat diwawancarai;
4) Media memberikan penjelasan kepada pembaca bahwa berita tersebut masih memerlukan verifikasi lebih lanjut yang diupayakan dalam waktu secepatnya. Penjelasan dimuat pada bagian akhir dari berita yang sama, di dalam kurung dan menggunakan huruf miring.
d. Setelah memuat berita sesuai dengan butir (c), media wajib meneruskan upaya verifikasi, dan setelah verifikasi didapatkan, hasil verifikasi dicantumkan pada berita pemutakhiran (update) dengan tautan pada berita yang belum terverifikasi.

3. Isi Buatan Pengguna (User Generated Content)
a. Media siber wajib mencantumkan syarat dan ketentuan mengenai Isi Buatan Pengguna yang tidak bertentangan dengan Undang-Undang No. 40 tahun 1999 tentang Pers dan Kode Etik Jurnalistik, yang ditempatkan secara terang dan jelas.
b. Media siber mewajibkan setiap pengguna untuk melakukan registrasi keanggotaan dan melakukan proses log-in terlebih dahulu untuk dapat mempublikasikan semua bentuk Isi Buatan Pengguna. Ketentuan mengenai log-in akan diatur lebih lanjut.
c. Dalam registrasi tersebut, media siber mewajibkan pengguna memberi persetujuan tertulis bahwa Isi Buatan Pengguna yang dipublikasikan:
1) Tidak memuat isi bohong, fitnah, sadis dan cabul;
2) Tidak memuat isi yang mengandung prasangka dan kebencian terkait dengan suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA), serta menganjurkan tindakan kekerasan;
3) Tidak memuat isi diskriminatif atas dasar perbedaan jenis kelamin dan bahasa, serta tidak merendahkan martabat orang lemah, miskin, sakit, cacat jiwa, atau cacat jasmani.
d. Media siber memiliki kewenangan mutlak untuk mengedit atau menghapus Isi Buatan Pengguna yang bertentangan dengan butir (c).
e. Media siber wajib menyediakan mekanisme pengaduan Isi Buatan Pengguna yang dinilai melanggar ketentuan pada butir (c). Mekanisme tersebut harus disediakan di tempat yang dengan mudah dapat diakses pengguna.
f. Media siber wajib menyunting, menghapus, dan melakukan tindakan koreksi setiap Isi Buatan Pengguna yang dilaporkan dan melanggar ketentuan butir (c), sesegera mungkin secara proporsional selambat-lambatnya 2 x 24 jam setelah pengaduan diterima.
g. Media siber yang telah memenuhi ketentuan pada butir (a), (b), (c), dan (f) tidak dibebani tanggung jawab atas masalah yang ditimbulkan akibat pemuatan isi yang melanggar ketentuan pada butir (c).
h. Media siber bertanggung jawab atas Isi Buatan Pengguna yang dilaporkan bila tidak mengambil tindakan koreksi setelah batas waktu sebagaimana tersebut pada butir (f).

4. Ralat, Koreksi, dan Hak Jawab
a. Ralat, koreksi, dan hak jawab mengacu pada Undang-Undang Pers, Kode Etik Jurnalistik, dan Pedoman Hak Jawab yang ditetapkan Dewan Pers.
b. Ralat, koreksi dan atau hak jawab wajib ditautkan pada berita yang diralat, dikoreksi atau yang diberi hak jawab.
c. Di setiap berita ralat, koreksi, dan hak jawab wajib dicantumkan waktu pemuatan ralat, koreksi, dan atau hak jawab tersebut.
d. Bila suatu berita media siber tertentu disebarluaskan media siber lain, maka:
1) Tanggung jawab media siber pembuat berita terbatas pada berita yang dipublikasikan di media siber tersebut atau media siber yang berada di bawah otoritas teknisnya;
2) Koreksi berita yang dilakukan oleh sebuah media siber, juga harus dilakukan oleh media siber lain yang mengutip berita dari media siber yang dikoreksi itu;
3) Media yang menyebarluaskan berita dari sebuah media siber dan tidak melakukan koreksi atas berita sesuai yang dilakukan oleh media siber pemilik dan atau pembuat berita tersebut, bertanggung jawab penuh atas semua akibat hukum dari berita yang tidak dikoreksinya itu.
e. Sesuai dengan Undang-Undang Pers, media siber yang tidak melayani hak jawab dapat dijatuhi sanksi hukum pidana denda paling banyak Rp500.000.000 (Lima ratus juta rupiah).

5. Pencabutan Berita
a. Berita yang sudah dipublikasikan tidak dapat dicabut karena alasan penyensoran dari pihak luar redaksi, kecuali terkait masalah SARA, kesusilaan, masa depan anak, pengalaman traumatik korban atau berdasarkan pertimbangan khusus lain yang ditetapkan Dewan Pers.
b. Media siber lain wajib mengikuti pencabutan kutipan berita dari media asal yang telah dicabut.
c. Pencabutan berita wajib disertai dengan alasan pencabutan dan diumumkan kepada publik.

6. Iklan
a. Media siber wajib membedakan dengan tegas antara produk berita dan iklan.
b. Setiap berita/artikel/isi yang merupakan iklan dan atau isi berbayar wajib mencantumkan keterangan ‘advertorial’, ‘iklan’, ‘ads’, ‘sponsored’, atau kata lain yang menjelaskan bahwa berita/artikel/isi tersebut adalah iklan.

7. Hak Cipta
Media siber wajib menghormati hak cipta sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku.

8. Pencantuman Pedoman
Media siber wajib mencantumkan Pedoman Pemberitaan Media Siber ini di medianya secara terang dan jelas.

9. Sengketa
Penilaian akhir atas sengketa mengenai pelaksanaan Pedoman Pemberitaan Media Siber ini diselesaikan oleh Dewan Pers.

Jakarta, 3 Februari 2012
(Pedoman ini ditandatangani oleh Dewan Pers dan komunitas pers di Jakarta, 3 Februari 2012).

Perlindungan Data/Privasi

Anda harus memperoleh izin terlebih dahulu sebelum Anda menggunakan rincian konten orang lain dari atau sehubungan dengan Layanan Berita24Com.

Hak Pihak Ketiga

Anda mengakui bahwa Pihak Ketiga sebagai penyedia layanan mungkin memiliki hak pada konten atau material pada Berita24Com. Bagaimanapun, Berita24Com berhak mengubah ketentuan tanpa meminta izin dari Pihak Ketiga tersebut.

Hyperlinks

Layanan Berita24Com berisi link situs web dan sumber daya Internet yang bekerja sama dengan pihak ketiga. Hal ini dilakukan untuk kenyamanan Anda. Ini tidak berarti bahwa kami mendukung atau menyetujui situs web tersebut. Situs-situs pihak ketiga tidak di bawah kendali kami dan kami tidak bertanggung jawab atas ketergantungan Anda pada konten mereka. Kami dapat dengan sepihak menangguhkan atau mengakhiri penggunaan layanan pada Berita24Com pada Anda sesuai dengan keadaan. Sebuah contoh mungkin jika anda melanggar hukum, keamanan, hak kekayaan intelektual atau aturan pedoman chatroom. Anda bisa mengakhiri keanggotaan Anda pada layanan Berita24Com dengan menghubungi kami. Saat keanggotaan atas layanan Berita24Com berhenti dan/atau dihentikan, hak Anda untuk melakukan akses atau berpartisipasi di dalam konten Berita24Com akan berakhir.

Perubahan Ketentuan Penggunaan

Kami dapat mengubah ketentuan yang berlaku pada situs web Berita24Com dengan pemberitahuan yang wajar kepada Anda. Kami akan mengirimkan pemberitahuan tentang perubahan layanan dan materi kepada Anda melalui email. Jika perubahan merugikan Anda, Anda dimungkinkan untuk mengakhiri layanan dengan memberikan pemberitahuan kepada kami sebelumnya.

  1. Pendahuluan dan Persyaratan Umum

Berita24Com berkomitmen untuk melindungi informasi pribadi Anda bila Anda menggunakan layanan yang ada di Berita24Com. Kami ingin layanan yang kami berikan bisa menjamin lingkungan yang aman dan menyenangkan bagi Anda. Kebijakan Privasi ini berkaitan dengan penggunaan informasi pribadi yang Anda berikan kepada kami secara online, melalui telepon atau teks, email, surat-surat atau korespondensi. Dalam rangka menyediakan bagi Anda berbagai layanan dari Berita24Com, kami terkadang perlu untuk mengumpulkan informasi mengenai Anda. Penjelasan Kebijakan Privasi ini adalah sebagai berikut:

  • informasi apa saja yang dapat dikumpulkan Berita24Com mengenai Anda;
  • bagaimana Berita24Com akan menggunakan informasi yang dikumpulkan mengenai Anda;
  • kapan Berita24Com dapat menggunakan informasi tersebut untuk menghubungi Anda;
  • apakah Berita24Com akan mengungkapkan informasi mengenai Anda kepada orang lain;
  • pilihan Anda terkait informasi pribadi yang akan Anda berikan kepada kami;
  • penggunaan cookies pada situs web Berita24Com dan bagaimana Anda dapat menolak ketentuan cookies.
  • Berita24Com berkomitmen untuk menjaga informasi pribadi Anda. Setiap kali Anda memberikan informasi
  • tersebut, kami secara hukum diharuskan untuk menggunakan informasi Anda sesuai dengan undang-undang
  • tentang perlindungan informasi pribadi. Situs web Berita24Com berisi hyperlink ke situs-situs yang dimiliki dan dioperasikan oleh pihak ketiga. Situs web pihak ketiga ini memiliki kebijakan privasi mereka sendiri, termasuk cookies, dan kami meminta Anda untuk meninjau ketentuan yang mereka miliki. Mereka akan mengatur penggunaan informasi pribadi yang Anda masukkan atau dikumpulkan oleh cookies saat mengunjungi situs web milik mereka. Kami tidak menerima tanggung jawab atau kewajiban untuk praktik privasi dari situs web milik pihak ketiga dan akses dan/atau penggunaan situs tersebut menjadi risiko Anda sendiri.

         2. Informasi apa saja yang akan dikumpulkan Berita24Com mengenai Anda?

Bila Anda berpartisipasi, akses atau sign up ke salah satu layanan pada situs web Berita24Com, kegiatan atau konten online, seperti newsletter, kompetisi, chatting, message boards, telepon atau teks pada situs web Berita24Com, polling, mendonasikan dana amal pada Berita24Com, memesan tiket untuk acara yang diselenggarakan Berita24Com atau membuat account melalui sistem pendaftaran online pada Berita24Com, kami dapat menerima informasi pribadi tentang Anda yang terdiri dari informasi seperti: nama, alamat email, alamat tempat tinggal, telepon atau nomor ponsel atau tanggal lahir, tergantung pada aktivitas terkait yang diselenggarakan Berita24Com. Dengan mengirimkan rincian data diri Anda, Anda dimungkinkan untuk mengaktifkan akun Berita24Com dan bisa mengakses pada semua layanan, kegiatan atau konten online yang Anda pilih pada situs web Berita24Com. Sebagai tambahan, terkadang kami akan meminta Anda untuk memberikan informasi pribadi tambahan, termasuk informasi pribadi yang terkadang sensitif, seperti mengirimkan aplikasi untuk menjadi kontributor pada partai politik dengan tujuan untuk mengetahui kecenderungan politik Anda. Kami akan memberikan informasi lebih lanjut tentang mengapa kami mengumpulkan informasi tambahan dari Anda dan bagaimana kami akan menggunakannya. Berita24Com juga menggunakan cookies dan mengumpulkan alamat IP (nomor unik untuk mengidentifikasi jaringan komputer tertentu atau perangkat jaringan lainnya di internet) dari pengunjung yang mengakses konten pada situs web Berita24Com.

  1. Bagaimana Berita24Com akan menggunakan informasi yang dikumpulkan dari Anda?

Berita24Com akan menggunakan informasi pribadi Anda untuk beberapa tujuan termasuk:

untuk menyediakan layanan yang kami miliki, kegiatan atau konten online dan untuk menyediakan permintaan dan pertanyaan Anda;
untuk “tujuan administrasi layanan”, berarti bahwa Berita24Com mungkin akan menghubungi Anda untuk alasan yang berhubungan dengan konten layanan, kegiatan atau pendaftaran online yang telah Anda lakukan (misalnya untuk menyediakan pengingat password atau untuk memberitahukan kepada Anda terhadap layanan tertentu, kegiatan atau konten online yang telah ditangguhkan untuk tujuan pemeliharaan);
untuk menghubungi Anda mengenai pendaftaran yang telah Anda buat, termasuk setiap konten yang telah Anda sediakan.
untuk menyediakan bagi Anda informasi mengenai layanan kami, kegiatan atau konten online;
untuk personalisasi konten Berita24Com yang disajikan kepada Anda (misalnya apa yang Anda lihat pertama setiap harinya dari Berita24Com seperti berita aktual atau fitur hiburan, kami akan menghadirkan link informasi ini pada situs web Anda);
menggunakan alamat IP untuk mengidentifikasi lokasi pengguna, untuk menghindari penyalahgunaan, untuk menetapkan jumlah kunjungan dari berbagai negara dan untuk menentukan apakah Anda mengakses layanan dari wilayah Indonesia atau tidak, dan
untuk menganalisis dan meningkatkan layanan yang ditawarkan di situs web Berita24Com, untuk menyediakan bagi Anda pengalaman kunjungan situs web Berita24Com dengan navigasi user-friendly. Berita24Com juga dapat menggunakan dan mengungkapkan informasi secara agregat (menyeluruh) sehingga tidak ada identifikasi secara individual untuk tujuan pemasaran dan tujuan pengembangan strategis.
Jika Berita24Com akan menggunakan informasi pribadi Anda untuk keperluan lain maka kami akan memastikan untuk memberitahu Anda terlebih dahulu. Anda juga akan diberi kesempatan untuk menahan atau membatalkan persetujuan Anda terkait penggunaan informasi pribadi Anda untuk tujuan selain yang tercantum di atas.

4. Kapan Berita24Com menghubungi Anda?

Berita24Com mungkin akan menghubungi Anda:

dalam kaitannya dengan konten layanan, kegiatan atau konten online yang telah Anda daftar untuk memastikan bahwa Berita24Com dapat memberikan layanan kepada Anda;
saat Anda telah memilih untuk menerima korespondensi lebih lanjut;
dalam kaitannya dengan kontribusi apapun yang telah Anda kirimkan kepada Berita24Com, misalnya pada message boards Berita24Com atau melalui teks atau pesan suara;
untuk mengundang Anda ikut berpartisipasi dalam survei tentang layanan Berita24Com (bersifat sukarela), dan
untuk tujuan pemasaran di mana Anda secara khusus telah menyetujui hal ini.
Halaman lokal akan memberikan informasi rinci mengenai bagaimana Berita24Com akan menghubungi Anda terkait layanan tertentu, kegiatan atau konten online.

      5. Apakah Anda akan dihubungi untuk tujuan pemasaran?

Berita24Com tidak akan menghubungi Anda untuk tujuan pemasaran, atau mempromosikan layanan baru, kegiatan atau konten online untuk Anda, kecuali Anda secara khusus telah setuju untuk dihubungi sebelumnya.

  1. Apakah Berita24Com akan berbagi informasi pribadi milik Anda dengan orang lain?

Kami akan menyimpan informasi rahasia Anda, kecuali jika diperlukan pengungkapan atau diizinkan oleh hukum (misalnya untuk badan-badan pemerintah dan badan-badan penegak hukum). Umumnya, kami hanya akan menggunakan informasi pribadi Anda dalam situs web Berita24Com. Namun, terkadang Berita24Com menggunakan pihak ketiga untuk memproses informasi pribadi Anda. Berita24Com tetap mengharuskan pihak ketiga untuk sepenuhnya mematuhi instruksi tersebut dan mensyaratkan bahwa mereka tidak boleh menggunakan informasi pribadi Anda untuk tujuan bisnis mereka sendiri, kecuali Anda secara eksplisit menyetujui penggunaan informasi pribadi Anda dengan cara ini.

  1. Perihal konten menyinggung atau tidak patut di situs Berita24Com

Jika Anda memposting atau mengirim konten yang menyinggung, tidak patut atau tidak menyenangkan di mana saja pada/ke situs-situs Berita24Com atau terlibat dalam perilaku yang mengganggu pada setiap layanan Berita24Com, Berita24Com mungkin akan menggunakan informasi pribadi Anda untuk menghentikan perilaku tersebut. Pada saat Berita24Com cukup yakin bahwa Anda terbukti melakukan pelanggaran terhadap hukum yang berlaku di Indonesia (misalnya konten bermuatan fitnah yang Anda posting), Berita24Com dapat menggunakan informasi pribadi Anda untuk menginformasikan kepada pihak ketiga yang relevan seperti kantor tempat anda bekerja, sekolah, penyedia layanan email/internet atau lembaga penegak hukum untuk konten dan perilaku Anda pada situs web kami.

  1. Bagaimana jika Anda pengguna berusia 16 tahun ke bawah?

Jika Anda berusia 16 ke bawah, kami membutuhkan izin orang tua/wali sebelum Anda memberikan informasi pribadi apapun kepada Berita24Com. Tanpa persetujuan ini pengguna tidak diperbolehkan untuk memberikan informasi pribadi kepada kami.

  1. Berapa lama Berita24Com menyimpan informasi pribadi Anda?

Kami akan menyimpan informasi pribadi Anda pada sistem kami selama diperlukan untuk aktivitas yang relevan, atau selama yang ditetapkan dalam setiap kontrak yang relevan sesuai kesepakatan antara Anda dengan Berita24Com atau menurut retensi jadwal perusahaan berdasarkan periode simpan database Berita24Com. Jika Anda membatalkan pendaftaran sebagai anggota situs web Berita24Com, akun Anda dihapus dan bendera merah akan menandai akun Anda di database kami, dan pada saat itu Berita24Com tidak dapat menggunakan informasi pribadi Anda. Pada saat Anda memberikan kontribusi materi kepada Berita24Com, kami hanya akan menjaga konten Anda selama selama diperlukan. Sebagai contoh, kami hanya akan menyimpan salinan dari konten untuk sebuah kompetisi fotografi selama kompetisi berlangsung. Namun konten lain seperti fitur-fitur (artikel) berseri cenderung memiliki durasi panjang atau bahkan permanen.

  1. Dapatkah Anda mencari tahu informasi pribadi yang ada di Berita24Com mengenai Anda?

Menurut Undang-Undang Perlindungan Data, Anda memiliki hak untuk meminta salinan informasi pribadi mengenai Anda yang disimpan Berita24Com, termasuk data yang tidak dikoreksi secara akurat. Kami akan berupaya sewajarnya untuk menyediakan data yang Anda inginkan, termasuk memperbaiki atau menghapus informasi pribadi mengenai Anda pada file-file yang ada pada database kami.

  1. Kebijakan Cookie – Informasi yang Dikumpulkan Berita24Com dari Anda

Apa itu cookie?
Cookie adalah sejumlah kecil data, yang sering kali berisi pengenal unik yang dikirimkan ke browser komputer Anda atau ponsel dari komputer milik situs web dan disimpan pada harddrive perangkat Anda. Setiap website dapat mengirimkan cookie sendiri ke browser Anda jika preferensi browser Anda mengijinkannya, tetapi untuk tujuan melindungi privasi Anda, browser yang ada di perangkat Anda hanya mengizinkan situs web untuk mengakses cookie yang telah dikirim kepada Anda, bukan cookie yang dikirimkan kepada Anda oleh situs lain. Banyak situs melakukan hal ini setiap kali pengguna mengunjungi situs web mereka dalam rangka untuk melacak arus lalu lintas online. Di situs Berita24Com, cookie mencatat informasi tentang preferensi online Anda dan memungkinkan kita untuk menyesuaikan website untuk kepentingan Anda. Pengguna memiliki kesempatan untuk mengatur perangkat mereka untuk menerima semua cookie, untuk memberitahu mereka ketika cookie dikeluarkan atau tidak menerima cookies setiap saat. Masing-masing browser berbeda satu dengan lainnya, maka periksalah menu “Help” pada browser anda untuk mengetahui bagaimana caranya mengubah pilihan cookie seperti yang Anda inginkan. Selama Anda kunjungan situs web Berita24Com, halaman yang Anda lihat bersama dengan cookie akan diunduh ke perangkat Anda. Banyak situs melakukannya, karena dengan cookie penerbit situs web dimungkinakn untuk melakukan hal-hal yang bermanfaat seperti mencari tahu apakah perangkat pengguna telah melakukan kunjungan pada situs web sebelumnya. Hal ini dilakukan pada kunjungan ulang dengan memeriksa untuk melihat dan menemukan, cookie lalu akan ditinggalkan pada kunjungan terakhir.

Bagaimana Berita24Com menggunakan cookie?

Informasi yang diberikan oleh cookie dapat membantu kami untuk menganalisis profil dari pengunjung situs web kami dan membantu kami untuk memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik untuk Anda. Sebagai contoh, jika pada kunjungan sebelumnya Anda mengakses halaman Edukasia pada Berita24Com, kami mungkin akan menemukan jejak akses Anda dari cookie yang Anda tinggalkan dan selanjutnya akan menyorot informasi terkait konten Edukasia pada kunjungan Anda berikutnya.

Cookie dari Pihak Ketiga pada Halaman Berita24Com

Harap dicatat bahwa selama kunjungan Anda ke situs web Berita24Com, Anda mungkin akan melihat beberapa cookie yang tidak berhubungan dengan Berita24Com atau rekanan Berita24Com. Ketika Anda mengunjungi sebuah halaman dengan konten yang berasal dari pihak ketiga misalnya YouTube atau Flickr, Anda mungkin akan disajikan dengan cookie yang berasal dari situs tersebut. Berita24Com tidak mengendalikan penyebaran cookie ini, jadi Anda harus memeriksa situs web pihak ketiga untuk informasi lebih lanjut.

         12. Perubahan Kebijakan Privasi Berita24Com

Kebijakan Privasi ini dapat diperbaharui dari waktu ke waktu sehingga Anda mungkin ingin memeriksa setiap kali Anda mengirimkan informasi pribadi kepada Berita24Com. Tanggal revisi terbaru akan muncul di halaman situs web Berita24Com. Jika Anda tidak setuju dengan perubahan ini, disarankan untuk berhenti menggunakan situs web Berita24Com untuk mengirimkan informasi pribadi. Jika ada perubahan material pada Kebijakan Privasi situs web Berita24Com kami akan memberitahu Anda dengan menempatkan pemberitahuan yang jelas di website.