Home / Bisnis / PELUANG USAHA : Bagikan Ilmu Pembuatan Shibori pada Ibu … – Solopos

PELUANG USAHA : Bagikan Ilmu Pembuatan Shibori pada Ibu … – Solopos

Perajin kain shibori Endang Widowati menunjukkan kain-kain shibori yang ia produksi, Jumat (23/6/2017). Selama satu tahun menggeluti bisnis shibori, ia sudah menjual kepada konsumen dalam negeri bahkan luar negeri. (Bernadheta Dian Saraswati/JIBI/Harian Jogja)Perajin kain shibori Endang Widowati menunjukkan kain-kain shibori yang ia produksi, Jumat (23/6/2017). Selama satu tahun menggeluti bisnis shibori, ia sudah menjual kepada konsumen dalam negeri bahkan luar negeri. (Bernadheta Dian Saraswati/JIBI/Harian Jogja) Minggu, 16 Juli 2017 05:22 WIB Bernadheta Dian Saraswati/JIBI/Harian Jogja Kota Jogja Share : PELUANG USAHA
Bagikan Ilmu Pembuatan Shibori pada Ibu Rumah Tangga

Peluang usaha kali ini berupa pemberdayaan IRT

Solopos.com, JOGJA — Kain shibori yang dihasilkan dengan cara melipat kain sudah dikenal oleh beberapa orang di Indonesia. Beberapa orang bahkan menjadikannya sebagai sumber penghasilan.

Endang Widowati, 49, salah satunya. Perempuan asal Wates yang tinggal di Jl. Arjuna No. 16 Wirobrajan ini baru menggeluti pembuatan shibori setahun belakangan ini. Meski usia bisnisnya masih muda, ia mampu menunjukkan keseriusannya dengan cara mengisi pelatihan untuk para ibu-ibu di beberapa kota.

Saat Harianjogja.com bertandang ke indekosnya yang juga sekaligus jadi rumah produksinya, Endang bercerita bahwa ia mendapat ilmu membuat shibori dari adik sepupunya bernama Rita. Rita sendiri sudah dua tahun lebih dulu berkecimpung pada dunia shibori.

Puluhan tahun pernah berkecimpung di dunia garmen, membuatnya cepat paham cara membuat shibori. “Cepat nyantol,” ujar perempuan dua anak yang juga pernah membangun bisnis leasing dan rental mobil ini, belum lama ini.

Endang bertugas membantu menjualkan produk shibori milik Rita melalui Instagram, Facebook, Whatshapp, dan BBM. Namun jiwa wirausaha yang ada pada dirinya tak membuatnya puas hanya dengan menjualkan produk milik orang lain. Tepat pada Agustus 2016, ia mencoba memproduksi sendiri. Sebagai perajin kelas pemula, ia terus berlatih dan akhirnya bisa memproduksi sendiri.

Hari berganti hari, banyak orang yang memesan kain shibori berlabel Rama Shibori itu. Dengan warna tajam yang ia tonjolkan, ratusan kain sudah terjual kepada konsumen di berbagai daerah seperti Sumatera, Kalimantan, dan Ambon. Bahkan warga asing asal Singapura dan Poerto Rico juga sudah menikmatinya. “Mereka pesan dari Facebook. Yang Singapura pesan enam potong dan yang Poerto Rico delapan potong,” katanya.

Satu potong kain shibori berukuran 100×105 centimeter dijual mulai Rp80.000-Rp170.000. Menurutnya pembuatan kain shibori tidak terlalu rumit dan tidak menyita banyak waktu. Dalam sehari, ia bisa memproduksi 15-30 potong dengan warna dan model yang beragam.

Untuk proses pembuatannya sendiri, kata Endang, tahap pertama adalah pelipatan kain. Ia biasa menggunakan kain katun prima. Kain bisa dilipat dengan bentuk segitiga dan kotak, tergantung motif yang diinginkan. Setelah dilipat, kain diikat menggunakan karet kemudian dicelup dalam larutan warna. “Saya menyiapkan beberapa larutan warna kalau ingin mendapatkan kain yang berwarna-warni,” kata perempuan yang juga membuka usaha di bidang travel ini. Setelah proses pencelupan, kain kemudian dianginkan agar warna meresap. Selanjutnya ikatan kain dibuka, dikeringkan lagi, dicuci, dikeringkan lagi, dan akhirnya digosok.

Endang mengatakan, secara umum proses pembuatan kain shibori tidak sulit. Tingkat kesulitan hanya terletak saat penentuan kombinasi warna. Namun hal itu bisa diatasi dengan belajar terus-menerus.

Baginya, ilmu shibori perlu dibagikan pada orang lain. Proses pembuatannya yang mudah, membuat kain ini cocok digeluti para ibu rumah tangga yang menginginkan pekerjaan sampingan. “Saya lebih suka berbagi ilmu ke ibu rumah tangga. Maksud saya daripada mereka hanya ngrumpi maka bisa melakukan kegiatan yang menghasilkan,” ungkapnya.

Ia tidak merasa tersaingi jika ilmu yang ditularkan dijiplak atau diikuti orang lain. Menurutnya, justru saat ada orang lain yang mengikuti motif dan teknik pembuatannya, ia semakin tergerak untuk mengkreasikan motif baru.

Ia cukup bangga, jika orang yang ia beri pelatihan bisa mengembangkan dan menjadikan kemampuan berseni itu jadi sumber pendapatannya. Hal itu sudah terjadi pada teman indekosnya yang saat ini juga sudah berpenghasilan dari shibori.

Sampai saat ini, ia belum memiliki galeri khusus untuk menjual kain-kain produksinya. Ia masih mempercayakan promosinya pada media online. Namun pada beberapa kesempatan ia juga mengikuti fashion show. Ada beberapa desainer yang membuat busana dari kain shiborinya. Hal itu menjadi kebanggaan tersendiri dalam dirinya. Sampai saat ini, ia sudah mengikuti fashion show sebanyak tiga kali.

You might also like

EKONOMI KREATIF : Pameran Fashion di Paris Jadi Inspirasi “Dhairya”

EKONOMI KREATIF
Pameran Fashion di Paris Jadi Inspirasi "Dhairya"

PELUANG USAHA : Bermodal Rp25.000 Rintis Usaha Tas Rajut

PELUANG USAHA
Bermodal Rp25.000 Rintis Usaha Tas Rajut

EKONOMI KREATIF : Lampu Tidur Cantik Berbahan Kayu Sisa

EKONOMI KREATIF
Lampu Tidur Cantik Berbahan Kayu Sisa

EKONOMI KREATIF : Dibyo Lurik Hand Woven Inspirasi dari Alam

EKONOMI KREATIF
Dibyo Lurik Hand Woven Inspirasi dari Alam

Solopos TV

Leave a Reply

  • All New CBR250RR Modifikasi Honda Dream Ride Project Mulai Mengaspal
  • Mudik Balik Bareng Honda Berangkatkan 2.315 Pemudik
  • MODIFIKASI MOTOR : Tiger Revo Futuristik Juarai HMC 2017
  • MOTOR HONDA : AHM Gelar Honda Dream Ride Project
  • Mekanik Honda Siap Kawal Sepeda Motor Pemudik Agar Fit Setiap Saat
  • MOTOR HONDA : New Honda Beat Street Esp Dirilis Dengan Warna Baru
  • AHM Gelar Ajang Kreativitas Modifikasi Pecinta Sepeda Motor Honda 2017
  • Bobot Penumpang CMX500 Tak Boleh Lebih Dari 75 KG
  • AHM Bawa Honda New Supra GTR150 Keliling Indonesia
  • Astra Honda Motor Gelar AH-SRIC

Solopos TV

banner 7 juli

Kisah Unik

Kak Ali (berdiri) saat mendongeng di hadapan anak-anak di sebuah Masjid di Banguntapan, Bantul belum lama ini. (Sunartono/JIBI/Harian Jogja)

KISAH UNIK
Wow, Pendongeng Ini Kuasai Puluhan Suara Tak Lazim

16-7-2017 Bantul Ben Coway naik gunung pakai sepatu hak tinggi (Huffingtonpost.co.uk)

KISAH INSPIRATIF
Demi Beasiswa, Pemuda Ini Nekat Naik Gunung Pakai Sepatu Hak Tinggi

16-7-2017 Internasional Baku hantam di acara talkshow televisi. (Istimewa)

Debat Soal ISIS, Dua Pria Baku Hantam Saat Live di TV

16-7-2017 Peristiwa

Kolom

GAGASAN
Kemandirian Koperasi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (12/7/2017). Esai ini karya Edy Purwo Saputro, dosen di Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah E.Purwo.Saputro@ums.ac.id. Solopos.com, SOLO–Memaknai gerakan koperasi pada dasarnya memberikan komitmen bagi kemajuan gerakan koperasi pada era…

Terpopuler

KEBAKARAN KLATEN
Gudang Indomaret Krapyak Terbakar

15-7-2017 Klaten

KECELAKAAN BANTUL
Diduga Konslet, Mobil Ludes Terbakar

16-7-2017 Bantul

LIGA 2
Manajemen PSS Datangkan 2 Pemain di 2 Posisi Berbeda

15-7-2017 Indonesia

FOTO
Silaturami Alumni, Rektor Tegaskan UNS Masuk Perguruan Tinggi Cluster 1

15-7-2017 Pendidikan

KONSER MUSIK
Inbox Karanganyar, Warga Rela Berdesakan Demi Artis Pujaan

15-7-2017 KaranganyarSumber: Google News

About Redaksi

Check Also

Akhirnya, Porsche 911 Carrera GTS Mengaspal di Indonesia!

Jakarta, AutonetMagz.com – Hari ini (26/7) di Porsche Centre Jakarta yang juga merupakan Porsche terbesar di Asia Tenggara, awak media diundang untuk dapat melihat peluncuran Porsche 911 Carrera GTS. Mobil yang sudah dinantikan oleh pecinta sports car tanah air ini ditampilkan dengan kelir berwarna merah yang sangat menarik perhatian. Apa saja spesifikasi dari mobil satu ini? Porsche 911 Carrera GTS ini dibekali oleh mesin flat-six twin turbocharged 3.000 cc yang sama dengan milik Carrera dan Carrera S, namun diangkat tenaganya jadi 450 hp di 6.500 rpm, 30 hp lebih besar daripada Carrera S dan 20 hp lebih besar daripada model sebelumnya. Torsi besar di angka 550 Nm bisa diraih sejak 2.000 rpm dan terus ada hingga 5.000 rpm. Lebih menggiurkan daripada 911 Carrera dan Carrera S bukan? Tak heran, sebab 911 GTS memang diperuntukan bagi kalian yang ingin memiliki mobil dengan performa lebih tinggi daripada varian S, namun tidak segarang GT3 yang sudah mulai track-oriented. Untuk performany..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *