Home / Indonesia / Senjata Pribumi Mampu Membuat Indonesia Menjuarai Lomba … – Riau24.com (Siaran Pers)

Senjata Pribumi Mampu Membuat Indonesia Menjuarai Lomba … – Riau24.com (Siaran Pers)

Tahukah Anda

Senjata Pribumi Mampu Membuat Indonesia Menjuarai Lomba Tembak di Australia Jumat, 19 Mei 2017 20:44 wib Penulis: R24/ntg

Senjata Pribumi Mampu Membuat Indonesia Menjuarai Lomba Tembak di Australia
Berita Riau -  Senjata Pribumi Mampu Membuat Indonesia Menjuarai Lomba Tembak di Australia

Riau24.com-Berbagai prestasi yang ditorehkan anak bangsa secara perlahan mengelabui sejarah bahwa Negara ini pernah terjajah dalam berbad abad lamanya. Sebab selama ini terdengar bagaimana Negara lainnya menilai bagaimana pemuda-pemudi Indonesia dikatakan bermental jajahan yang bermakna orang-orang yang terbiasa dijajah sehingga kecil kemungkinan mampu menorehkan prestasi untuk negeri ini.

Tapi prestasi berikut ini mampu mengunci bisu lidah-lidah yang kerap menertawakan Indonesia. Bahwa Negara berkembang ini telah sejak dahulu satu persatu mengukir kebanggaan Negara tercinta ini.

Dalam hal kekuatan militer memang Indonesia sudah tidak bisa lagi dipandang sebelah mata. Pasalnya kemampuan seluruh matra militer kita memang sudah sering terbukti di kancah internasional. Entah itu perihal keberanian pasukan kita sampai-sampai tentang kedermawanannya yang bahkan diakui oleh PBB. Anggota pasukan militer indonesia juga dikenal berprestasi dalam lingkup dunia. Mulai dari di bidang olahraga maupun perlombaan lainnya.

Dan baru-baru ini lagi-lagi delegasi Indonesia berhasil mengharumkan nama bangsa dalam perlombaan menembak internasional yang diselenggarakan di Australia. Siapa sangka dalam perlombaan bertaraf internasional tersebut TNI AD berhasil bertengger di puncak klasemen dan dinyatakan sebagai pemenang.

Lomba diselenggarakan di Australia mengikutsertakan 20 negara

Kebolehan pasukan Angkatan Darat kita memang bukan merupakan isapan jempol belaka. Apalagi setelah beberapa waktu lalu mereka berhasil memenangkan perlombaan yang diselenggarakan di negeri kanguru, Australia. Lomba dengan tajuk Australian Army of Skill Arms at Meeting atau AASM itu merupakan turnamen rutin tahunan yang diselenggarakan oleh Royal Australian Army atau Angkatan Darat Australia dan melibatkan setidaknya 20 negara.

Adapun negara-negara yang juga merupakan partisipan dalam ajang tersebut antara lain, Indonesia, Australia, Inggris, Kanada, Amerika, Uni Emirat Arab, Timor Leste, Prancis, dan lainnya. Adapun tujuan diselenggarakannya lomba ini adalah demi meningkatkan kemampuan operasional para prajurit Angkatan Darat melalui aneka keterampilan peperangan yang penuh rintangan, ketat, serta combat yang fokus pada kemampuan prajurit. Perlombaan ini juga menguji secara cermat keahlian para penembak baik secara individu ataupun tim.

TNI AD sudah menyabet juara sejak 2008

Dengan keluarnya tim Indonesia sebagai juara tentu hal tersebut membuktikan bahwa pasukan Angkatan Darat memang memiliki personil dengan keahlian luar biasa. Apalagi ternyata tahun 2017 ini bukan kali pertama Indonesia mengungguli negara lain, melainkan kita sudah dinobatkan sebagai juara sejak pertandingan diselenggarakan pada tahun 2008. Letnan Kolonel Inf Josep T Sidabutar, pemimpin kontingen Indonesia mengatakan bahwa selama berpartisipasi dalam lomba AASAM, TNI AD selalu menjadi juara umum sejak ajang di Puckapunyal tahun 2008.

Dan pada perlombaan di tahun ini, kontingen TNI AD dalam AASAM sendiri di bawah pimpinan Letkol Josep ada sejumlah 14 orang. Diantaranya 10 orang penembak dan 4 sisanya adalah official. Total perolehan medali oleh TNI AD antara lain 28 medali emas, 6 medali perak, serta 5 medali perunggu. Medali-medali tersebut didapatkan dari aneka materi lomba tembak di sana. Tepat di bawah Indonesia ada nama-nama Australia, Jepang, Filipina, dan juga Anzac. Dari sini kita sudah bisa menyebutkan bahwa regenerasi yang dilakukan TNI AD benar-benar membuahkan hasil maksimal dari tahun ke tahun.

Senjata yang dipergunakan adalah buatan dalam negeri

Hal lain yang membanggakan dari lomba tersebut adalah mengenai senjata para peserta lomba dari Indonesia. Kalau selama ini kita sering mendengar bahwa tentara kita mengimpor peralatan militer dari negara lain, ternyata untuk perlombaan tersebut kontingen Indonesia menggunakan senjata produksi dalam negeri yaitu PT Pindad. Menurut Abraham Mose, Direktur utama PT Pindad, TNI AD menggunakan senjata SS2V1 dengan jangkauan efektif 500 meter dan dilengkapi oleh heavy barrel 5,57 mm.

Sang direktur juga menyatakan bahwa jenis SS2 adalah salah satu produk Pindad yang menjadi unggulan. Selain itu kesuksesan TNI AD dalam perlombaan tersebut disokong dengan produk lainnya, yaitu Pistol G2 Elite yang memiliki amunisi berkaliber 9mm dan jarak tembak efektif 25 meter. Ternyata sejak diluncurkannya seri SS2, Pindad sudah mengirim paling tidak 75 ribu senjata setiap tahun pada TNI AD.

Bangga sekali rasanya jika mendengar berita tentang prestasi anak negeri. Apalagi kita bukan cuma sekali pernah meraih posisi juara dalam perlombaan serupa. Dan yang lebih luar biasa lagi adalah mereka menggunakan senjata produksi dalam negeri lho. Hal tersebut seakan menjadi bukti bahwa dalam perlengkapan militer, tak perlulah kita menggantungkan diri pada negara lain. Sebab kita masih mampu berdiri sendiri menggunakan apa yang dimiliki negeri. Berbanggalah kita dengan Indonesia.

R24/ntg

fb twitter googleplus wa line wechat #Tagline News : Riau | Berita Riau | Berita Pekanbaru | Berita Kampar | Berita Siak | Berita Inhu | Berita Inhil | Berita Bengkalis | Berita Rohil | Berita Meranti | Berita Dumai | Berita Kuansing | Berita Pelalawan | Berita Rohul | Berita Internasional Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda). loading…

Berita Terkait

Patut Ditiru! Daripada Buat Onar, Ratusan Preman Gahar Ini Lebih Memilih Bersihkan Masjid

19 Mei 2017 07:22 wib

Patut Ditiru! Daripada Buat Onar, Ratusan Preman Gahar Ini Lebih Memilih Bersihkan Masjid Riau24.com -Indonesia saat ini tengah dilanda sebuah yang persialan yang harus segera ditangani, yaitu krisis kemanusiaan. Bahkan muda-muda sekarang banyak yang mendirikan sebuah perkumpulan yang kerap dipanggil gangster atau sebutan-sebutan lainnya seperti preman dan sebagainya, yang dengan mudah menyelakai bahkan membunuh dengan tanpa tujuan yang jelas, hanya untuk dibilang ‘keren’.

Ini Tragedi Perkosaan Paling Brutal di Dunia

30 Mei 2017 03:26 wib

Keutamaan Shalat Tarawih Berjamaah di Masjid Ketimbang Sendiri

29 Mei 2017 22:10 wib

Hati-hati, Ular Ini Memangsa Secara Berkelompok

29 Mei 2017 15:34 wib

Ini Saran Dokter Tentang Waktu Yang Tepat Untuk Ajarkan Anak Puasa

28 Mei 2017 22:53 wib

Berita News24xx

Subscribe to RSS headline updates from:
Powered by FeedBurner

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Sumber: Google News

About Redaksi

Check Also

Thailand Menang, Timnas Indonesia Peringkat Ketiga Klasemen … – Bola Liputan6.com

Liputan6.com, Bangkok – Timnas Indonesia meraih kemenangan telak dalam laga kedua Grup H kualifikasi Piala …