Page Nav

HIDE

Ads Place

Perjuangan Jakmania Dibalik Kemenangan Persija di Pertandingan Liga 1 2018

Berita24 - Loyalitas Jakmania terhadap klub kebanggaan mereka, Persija memang tidak bisa diragukan lagi. Walaupun Gubernur DKI Jakart...



Berita24 - Loyalitas Jakmania terhadap klub kebanggaan mereka, Persija memang tidak bisa diragukan lagi. Walaupun Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan telah mengimbau Jakmania yang tidak memiliki tiket, agar menonton pertandingan di kelurahan dan kecamatannya masing – masing, nyatanya mereka tetap hadir di area sekitar Stadionn Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) untuk dapat mendukung dan menyambut kemenangan yang diraih Persija setelah penantian 17 tahun lamanya. 

Kabar baiknya, Jakmania yang tidak memiliki tiket dan hadir sebelum pertandingan dimulai dapat menyaksikan pertandingan secara langsung melalui layar lebar yang disediakan di Parkir Timur Senayan, namun bagi mereka yang datang tepat saat pertandingan dimulai, jangankan menonton di layar lebar yang disediakan, untuk masuk ke dalam area GBK saja sudah dilarang, TNI – Polri berjaga ketat di sekitar pintu masuk dengan tatapan nanar. 

Akibatnya, sempat terjadi kemacetan dan pemblokiran jalan oleh Jakmania di titik – titik pintu masuk GBK. Gelora Bung Karno dipenuhi gelora Jakmania yang tidak dapat dibendung aparat. Walaupun begitu, mereka tetap mencoba tertib dengan tidak melawan dan menimpuk aparat yang berjaga didalam. Mereka hanya bernyanyi, berteriak, meminta aparat mengizinkan mereka masuk dan merayakan kemenangan bersama. 

Hingga detik – detik terakhir dan Persija dinyatakan unggul dari Mitra Kukar dengan skor 2 - 1, Jakmania yang masih tertahan diluar pintu masuk GBK merayakannya dengan menyanyikan lagu – lagu mereka. Betapa mereka sangat mencintai Persija, meski mereka tidak hadir di kursi tribun, tidak menyaksikan langsung goal – goal yang diciptakan Marko Simic selama pertandingan. 

Setelah pertandingan usai, dan setelah Jakmania yang ada di luar melakukan selebrasi atas kemenangan Persija, pintu gerbang akhirnya di buka oleh aparat yang berjaga. Dengan perasaan suka cita yang menggelora, Jakmania berhamburan memasuki stadion utama, bergabung dengan supporter lainnya merayakan kemenangan Persija Jakarta. 

Salah satu pendukung Persija, Mochamad Rifqi Aziz mengungkapkan kebahagiaannya atas kemenangan Persija, “Alhamdulillah bersyukur banget, setelah 17 tahun puasa juara, akhirnya di tahun 2018 ini penantian itu terwujud, Persija bisa merebut juara 1 di kasta tertinggi Liga di Indonesia,” ungkapnya dengan bangga.

Menurutnya apa yang Jakmania lakukan saat ini, datang ke GBK tanpa tiket masuk dan bersedia mendukung dari luar pagar adalah bentuk antusiasme yang tidak dapat dibendung. 

“Di musim ini, Persija meraih gelar Treble Winner, ini lah yang membuat Jakmania makin cinta sama Persija. Hinaan, cacian dan fitnah yang dilontarkan ke Persija itu malah membuat kami makin solid menyambut kemenangan, makin kompak,” tambahnya. 

Treble Winner sendiri adalah gelar yang diberikan kepada klub bola yang mendapatkan 3 piala dalam satu musim. “Piala pertama yang diraih Persija di musim ini, Boost Sportfix Super Cup, lalu yang kedua Persija juara di Piala Presiden dan yang ketiga adalah Juara Gojek Liga 1 ini,” ujar Nitya Ishmata Anhaqi yang juga bagian dari Jakmania. 

Nitya menyebut, Gojek Liga 1 ini menjadi ajang paling bergengsi di dunia sepak bola tanah air, maka dari itu menangnya Persija di ajang ini menjadi kebahagiaan yang teramat sangat, dalam ajang ini pun Persija sempat berada di titik terendah klasemen, berkali – kali kalah dan seri, namun Persija bisa membuktikan bahwa mereka layak mengangkat piala juara. 

“Sudah waktunya Persija juara, semua sudah menantikan hal itu, menantikan kotanya maju sepak bolanya, setiap kemenangan itu kebahagiaan” tutur Nitya.

Pertandingan Gojek Liga 1 2018 menjadi liga penutup di akhir tahun yang sangat berkesan dan menjadi hadiah terindah bagi para Jakmania. Selamat atas kemenanganmu, Macan! Jakmania dan seluruh warga DKI Jakarta akan selalu mendukungmu, seperti salah satu lirik lagu dari Jakmania “Kami satu jiwa, Kami satu cinta, Persija”. 

Mau Kuliah dengan Beasiswa? Klik Disini

Penulis : Icha RF

Ads Place