Page Nav

HIDE

Ads Place

Mengembangkan Minat dan Mutu Mahasiswa Melalui Kegiatan Mahasiswa UHAMKA

Berita24 -  Mahasiswa di universitas tentu membutuhkan ruang dan tempat untuk aktualisasi diri. Itulah yang menjadi tujuan dari setiap ke...

Berita24 - Mahasiswa di universitas tentu membutuhkan ruang dan tempat untuk aktualisasi diri. Itulah yang menjadi tujuan dari setiap kegiatan mahasiswa UHAMKA. Lewat aksi dan juga organisasi yang ada, setiap mahasiswa mempunyai tempat untuk bersosialisasi dengan leluasa. Tentu ada batasan yang diberikan, selama masih dalam koridor-koridor yang benar. Beberapa kegiatan mahasiswa memang perlu diadakan, misalnya seperti di bawah ini:

  • Orientasi Dasar-dasar Islam
Kegiatan orientasi ini merupakan pengenalan dan kegiatan dasar bagi setiap mahasiswa. Bagi mahasiswa baru, kegiatan ini wajib diikuti karena akan berisi pembinaan ilmu Islam dan tentang Muhammadiyah.

  • Pekan Taaruf Mahasiswa
Setiap tahun ajaran, kegiatan ini dilaksanakan dengan target mahasiswa baru UHAMKA. Seluruhnya akan dikumpulkan oleh BEM universitas untuk mengikuti masa taaruf yang merupakan bentuk pengenalan universitas.

  • Darul Arqam Dasar
Setelah mengikuti pengenalan tingkat universitas, maka setiap mahasiswa baru akan dikenalkan pada lingkungan fakultas. Lewat kegiatan ini, setiap IMM di tingkat fakultas akan mengadakan pengumpulan mahasiswa di fakultas tersebut.

  • Latihan Kepemimpinan Tingkat Dasar
Kegiatan ini merupakan kegiatan wajib yang memberikan hal-hal tentang nilai kepemimpinan bagi mahasiswa. Latihan ini masih berupa tingkat dasar yang diselenggarakan oleh BEM dan HIMA di fakultas.

  • Latihan Kepemimpinan Tingkat Madya
Setelah diberikan latihan kepemimpinan di tingkat dasar, maka wajib untuk mengikuti kepemimpinan tingkat madya. Mahasiswa akan dibekali hal-hal kepemimpinan yang lebih kompleks lagi, sehingga mahasiswa bisa merasakan betapa pentingnya mengikuti kegiatan mahasiswa UHAMKA ini.

  • Seminar
Kegiatan seminar ini diselenggaran pada tiap-tiap fakultas dan program studi. Setiap mahasiswa yang tertarik untuk mengikuti seminar ini, bisa langsung menyampaikan pada HIMA di fakultasnya. Seminar yang diadakan akan berpusat tentang bidang keilmuan dan juga hal-hal lain yang bisa meningkatkan pengetahuan mahasiswa.

  • Workshop
Seperti halnya seminar, setiap mahasiswa juga bisa mengikuti workshop di program studinya masing-masing. Peningkatan soft skill menjadi sasaran serta tujuan utama dari kegiatan ini.

Dari berbagai kegiatan yang ada, maka diharapkan setiap mahasiswa bisa berpartisipasi dalam menciptakan etos kerja dan kebersamaan yang damai dengan sesama mahasiswa. Wajib hukumnya untuk mengikuti kegiatan mahasiswa UHAMKA bila memang ingin meningkatkan kualitas diri sendiri maupun kualitas universitas secara umum.

Mau Beasiswa ? Klik Disini

image : @pkimmfikesuhamka

Ads Place