Page Nav

HIDE

Ads Place

Menilik Peran Penting Keberadaan IMM UHAMKA

Berita24 -  Sebagai sebuah universitas di bawah perserikatan universitas Muhammadiyah, UHAMKA menajdi bagian yang tak terpisahkan dari I...


Berita24 - Sebagai sebuah universitas di bawah perserikatan universitas Muhammadiyah, UHAMKA menajdi bagian yang tak terpisahkan dari IMM (Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah). Jadi IMM UHAMKA pun memiliki peran sebagai pengikat dan pemersatu seluruh mahasiswa di kampus UHAMKA dengan universitas Muhammadiyah lain di Indonesia. Keberadaan organisasi ini sudah sejak lama berdiri dan sarat akan nilai-nilai sejarah.

Sejarah IMM
IMM merupakan organisasi resmi yang beranggotakan mahasiswa Islam di seluruh kampus Muhammadiyah di Indonesia. Secara struktural, organisasi ini merupakan satu-satunya organisasi otonom di lingkup universitas Islam, terkhusus universitas Muhammadiyah. Sejarah berdirinya organisasi ini adalah sejak tahun 1964 di kota Yogyakarta. Dengan segala lika liku perjalanan sejarah yang panjang, organisasi ini sangat sarat dengan nilai-nilai yang unik. Seluruh mahasiswa yang menjadi anggotanya patut bangga sekaligus mengilhami segala nilai yang ada dalam organisasi IMM UHAMKA ini.

Tujuan IMM
Tujuan IMM sejalan dengan tujuan berdirinya Muhammadiyah itu sendiri. Karena merupakan sebuah kesatuan, maka organisasi ini tak bisa dilepaskan dan menjadi bagian yang terpisah-pisah. IMM merupakan respons dari berbagai kejadian yang terjadi di masa itu. Beberapa di antaranya adalah:
  • Adanya perpecahan umat Islam karena berbagai macam persoalan. Dengan IMM, diharapkan hal ini tidak lagi terjadi, sebaliknya semua elemen Islam bisa bersatu dan membangun harmoni yang nyata dalam kehidupan bermasyarakat dengan umat lain.
  • Pemerintahan yang tidak stabil pada saat itu. Sehingga dengan adanya IMM, diharapkan bisa membantu pemerintah secara umum dalam mewujudkan kehidupan yang sejahtera.
  • Merosotnya nilai akhlak. Karena itu, dengan keberadaan IMM, diharapkan bisa meningkatkan akhlak umat Islam, khususnya mahasiswa, agar bisa meningkatkan kehidupan dan nilai-nilai keagamaan di lingkungan kampus pada umumnya.
  • Terbingkai atau terpisahnya mahasiswa yang berpusat pada praktik politik praktis. Diharapkan dengan adanya IMM, mahasiswa Islam semakin bersatu, dan tidak terpecah belah hanya karena adanya perbedaan pendapat, atau karena mementingkan kekuasaan dalam politik di lingkungan kampus. 
Semua tujuan dan latar belakang IMM merupakan wujud dari keresahan yang terjadi pada zamannya. ke depan, IMM UHAMKA bisa menjadi contoh serta menjadi organisasi yang mempersatukan seluruh mahasiswa Islam Muhammadiyah.

Mau Beasiswa? Klik Disini

image : @pcimmjaktim

Ads Place