Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Tertangkap! Sebuah Black Hole ‘Menelan’ Bintang Seukuran Matahari

Sebuah lubang hitam supermasif tengah mengoyak bintang menjadi aliran gas tipis. Foto: Reuters Berita24.com - Para ilmuwan telah men...

Sebuah lubang hitam supermasif tengah mengoyak bintang menjadi aliran gas tipis. Foto: Reuters

Berita24.com - Para ilmuwan telah menangkap pemandangan yang luar biasa berupa black hole atau lubang hitam raksasa yang secara kasar merobek sebuah bintang  hingga hancur dan menelannya, dilansir Reuters, Jumat (27/9).

Pemandangan tersebut tertangkap melalaui teleskop NASA dari awal hingga akhir untuk pertama kalinya. Sedangkan, bintang yang tertelan itu berjarak 375 juta tahun cahaya dari lubang hitam tersebut terus berputar mendekat arah ke tarikan gravitasi yang tak henti-hentinya dari lubang hitam supermasif itu.

Sebelum menangkap peristiwa itu, pada awalnya para astronom menggunakan jaringan teleskop internasional untuk mendeteksi fenomena tersebut, dimana zona pengamatan permanennya dirancang untuk memburu planet-planet jauh. 

Menurut para ilmuwan, bintang itu kira-kira berukuran sama dengan matahari kita yang pada akhirnya tersedot ke dalam peristiwa kosmik langka dan oleh para astronom disebut sebagai peristiwa gangguan pasut (tidal disruption).

Fenomena seperti itu dapat terjadi ketika bintang berkelana terlalu dekat dengan lubang hitam supermasif . Gaya gravitasi lubang hitam yang luar biasa merobek bintang hingga hancur, dengan sebagian materialnya dilemparkan ke ruang angkasa dan sisanya jatuh ke dalam lubang hitam, membentuk cakram gas panas dan terang saat ditelan.

Reponsive Ads