Page Nav

HIDE

Breaking News:

latest

Ads Place

Jokowi Tegaskan Kebijakan ‘Lockdown’ Bukan Wewenang Pemda

Joko Widodo. Foto: Berita24.com Berita24.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan bahwa pemerintah daerah (pemda) tak boleh me...

Joko Widodo. Foto: Berita24.com

Berita24.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan bahwa pemerintah daerah (pemda) tak boleh mengambil kebijakan ‘lockdown’ karena kebijakan tersebut merupakan kewenangan pemerintah pusat, dilansir Antara.

“Perlu saya tegaskan, yang pertama, bahwa kebijakan lockdown, baik ditingkat nasional maupun di tingkat daerah adalah kebijakan pemerintah pusat,” ujar Jokowi dalam jumpa pers yang digelar di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (16/3).

Jokowi juga menambahkan bahwa dalam mengambil kebijakan baik pemerintah pusat atau daerah harus melakukan penelaahan secara mendalam.

Hal itu dilakukan agar masalah dapat terselesaikan secara efektif dan tidak semakin memperburuk keadaan.

Jokowi juga menyatakan bahwa hingga kini dirinya belum terpikirkan untuk mengambil kebijakan lockdown untuk mengatasi COVID-19 yang mewabah.

“Kebijakan ini tidak boleh diambil oleh pemerintah daerah. Sampai saat ini , tidak ada kita berpikiran kearah kebijakan lockdown,” tegas Jokowi.

Seperti diketahui, dibanding lockdown, pemerintah lebih memilih untuk menekankan gerakan social distancing dengan menghimbau masyarakat untuk bekerja dari rumah, belajar dari rumah, beribadah di rumah dan tidak mengunjungi tempat-tempat umum serta tidak mengadakan acara yang membuat orang berkumpul di satu tempat.

Latest Articles