Page Nav

HIDE

Breaking News:

latest

Ads Place

Transjakarta Hanya Operasikan 13 Rute Mulai Hari Ini, Antrean di Halte Membludak

Bus Transjakarta. Foto: Berita24.com Berita24.com – Pemprov DKI Jakarta membuat kebijakan pembatasan moda transportasi sebagai langk...

Bus Transjakarta. Foto: Berita24.com

Berita24.com – Pemprov DKI Jakarta membuat kebijakan pembatasan moda transportasi sebagai langkah pencegahan COVID-19. Moda transportasi tersebut termasuk transjakarta yang hanya akan mengoperasikan 13 rute.

13 rute tersebut yakni Blok M-Kota, Pulo Gadung 1-Harmoni, Kalideres-Pasar Baru, Pulo Gadung 2-Tosari, Kampung Melayu-Ancol, Ragunan-Halimun dan Kampung Rambutan-Kampung Melayu. Kemudian rute Lebak Bulus-Harmoni, Pinang Ranti-Pluit, PGC 2-Tanjung Priok, Kampung Melayu-Pulo Gebang, Penjaringan-Sunter Boulevard Barat dan Puri Beta-Blok M.

Dilansir dari Merdeka.com, pengoperasian 13 rute berlaku mulai Senin (16/3) sampai 14-30 Maret 2020 dan hanya melayani penumpang pada pukul 06.00-18.00 WIB.

Akibat pembatasan rute, penumpang di sejumlah halte menjadi membludak. Antrean panjang terlihat di sejumlah halte, seperti Halte Puri Beta 2 Ciledug, Halte RS Harapan Kita, Halte Kalideres hingga Halte Busway Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Tumpukan penumpang terjadi karena head way atau jarak antara bus satu dan lainnya cukup lama. Selain itu, jumlah penumpang di dalam bus tidak boleh terlalu padat.

Dikonfirmasi terpisah, pihak Transjakarta yang mengetahui kondisi penumpang yang membludak mengaku sedang mengirimkan sejumlah bus ke halte-halte yang mengalami kepadatan penumpang.

“Sedang kami kirim langsung bus tambahan ke semua halte 5 hingga 10 bus,” ujar Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan Dan Humas Transjakarta, Nadia Diposanjoyo.

Selain itu, di setiap halte akan diberikan marka dan mewajibkan penumpang berdiri dengan jarak yang sudah diatur. Lalu di dalam bus, Nadia menyebut penumpang akan dilakukan pengaturan jarak duduk sehingga meminimalisir interaksi fisik.

Sementara, selain jadwal kedatangan bus transjakarta yang menjadi lebih lama yakni 20 menit sekali, kedatangan kereta MRT yang sebelumnya setiap 5 menit, dapat menjadi 10 menit sekali. Selanjutnya untuk LRT Jakarta juga mengalami perubahan waktu kedatangan, yakni dari 10 menit sekali menjadi 30 menit sekali.

Latest Articles