Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Uhamka Siap Membuka Program Studi Manajemen Masjid Pertama Di Indonesia

Foto : Dok Istimewa Berita24.com -Kunjungan Walikota Bengkulu H. Helmi Hasan, SE ke Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA selasa (03/...

Foto : Dok Istimewa
Berita24.com -Kunjungan Walikota Bengkulu H. Helmi Hasan, SE ke Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA selasa (03/03/2020) membawa ide-ide inovatif dalam rangka memajukan umat islam di Indonesia. Salah satu ide terbaiknya adalah membahas pentingnya manajemen masjid di Indonesia ditengah perkembangan zaman yang semakin berkiblat ke Negara-negara barat.

Dalam kunjungannya di ruang rapat I Rektorat Lanta IV kampus FEB Jakarta Timur ini Helmi kembali menyampaikan bahwa masjid harus terus dierdayakan agar dapat menjadi pusat kegiatan umat ditengah kemajuan pesat masyarakat “Jangan sampai masjid sepi karena padatnya kehidupan yang sudah maju, dan ini harus terus kita berdayakan."

Menyambut gagasan tersebut Rektor UHAMKA Prof. Gunawan Suryoputro menyampaikan kesan yang mendalam dalam sambutannya untuk mewujudkan program Manajemen Masjid di Indonesia, dan UHAMKA siap menjadi inisiator pertama di Negeri ini. “ide inovasi untuk menggerakan Masjid ini merupakan hal yang harus di wujudkan dan sangat selaras dengan rencana Induk Uhamka untuk menjadi Prophetic Entrepreneurial University, nilai-nilai perjuangan Rasulullah dalam membangun peradaban dengan cara Shidiq, tabligh, Amanah dan Fathonah akan kita terapkan di Uhamka sehingga menghasilkan lulusan yang Unggul dalam Kecerdasan Spiritual, Intelektual, Emosional, dan Sosial dapat diwujudkan.”

Untuk itu UHAMKA siap  menjawab tantangan tersebut dengan membuat program studi Manajemen Masjid pertama, berkolaborasi dengan segenap pemerintahan dan difasilitasi bersama Walikota Bengkulu. “Kami akan menyiapkan dua tim untuk menindaklanjuti ini. Tim pertama adalah tim untuk menyusun proposal pembentukan Program Studi Manajemen Masjid, dan tim kedua untuk menyusun kurikulum pada program tersebut. Kami juga akan melakukan FGD dan menjalin kerjasama untuk membuka prodi baru ini,” ujarnya.

Nantinya program studi manajemen masjid UHAMKA ini akan menciptakan lulusan sarjana menejer-menejer berkompeten yang dapat mengelola masjid tidak hanya menjadi tempat ibadah yang nyaman untuk semua orang, namun juga menjadi pusat pergerakan perbaikan umat islam di Indonesia. Ini seperti yang sudah dicontohkan oleh Rasulullah SAW. “Dari sisi akademis, program ini sangat mungkin dikembangkan. Soal sarana dan prasarana UHAMKA siap,” tambah Prof. Gunawan.
Turut mendampingi Rektor UHAMKA, Wakil Rektor I Prof. Abd. Rahman  A. Ghani, SH, M. Pd, Wakil Rektor III Dr. Lelly Qodariah, M. Pd, Sekretaris Universitas Emaridial Ulza, SE.,MA dan kepala-kepala Biro Selasa. Sementara itu Bersama Walikota Bengkulu turut hadir  Plt Kadis Kominfosan, Kabag Hukum, Kabag Keprotokolan dan Kabid Pengelolaan IKP. (EL/IAS)

Reponsive Ads