Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Jelang Ramadhan, Pemerintah Antisipasi Harga Cabai Meroket

                                                                                       sumber : jpnn.com Berita 24 Indonesia - Melalui rapat...


                                                                     sumber : jpnn.com

Berita 24 Indonesia - Melalui rapat kerja dengan komisi IV DPR RI pada Kamis (18/3), Syahrul Yasin Limpo sebagai Menteri Pertanian telah menyiapkan beberapa langkah untuk mengantisipasi kenaikan harga cabai dan bawang menjelang Ramadhan dan lebaran.

Komoditi cabai dan bawang mendapat perhatian lebih oleh masyrakat karena menjelang Ramadhan maupun lebaran harganya selalu meroket naik.

Melansir finance.detik.com, pemerintah sudah menyiapkan 5 langkah untuk mengantisipasi harga cabai dan bawang. Hal pertama adalah memberikan peringatan dini kepada pemerintah kabupaten dan provinsi perihal sistem informasi ketersediaan cabai dan bawang mulai bulan Maret-Juni 2021. 

Kedua yaitu melakukan konsolidasi dengan asosiasi beserta para pelaku usaha mengenai kecukupan ketersediaan stok cabai dan bawang. Selanjutnya, pelaksanaan kawasan cabai dan bawang yang teralokasi tahun 2021 dipercepat.

Berikutnya, menjalin komunikasi dengan BMKG dan Direktorat Perlindungan Hortikultura untuk mengetahui prediksi cuaca dalam jangka waktu 3 bulan ke depan. Terakhir, penerbitan RIPH (Rekomendasi Impor Produk Hortikultura) bawang putih dipercepat.

Ia menambahkan bahwa antisipasi ini diperlukan agar harga cabai dan bawang tidak meroket dan membuat masyarakat menjerit menjelang Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 2021.

 

Sumber: finance.detik.com

penulis: Fitri


 

 

Reponsive Ads