Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Kunjungi Pelabuhan Yos Sudarso, Jokowi Berbincang Dengan Pelaku Usaha Perikanan

Berita 24 Indonesia -  Dalam rangkaian kunjungan kerjanya ke Maluku pada Kamis, 25 Maret 2021 Presiden Joko Widodo mengunjungi Pelabuhan Y...



Berita 24 IndonesiaDalam rangkaian kunjungan kerjanya ke Maluku pada Kamis, 25 Maret 2021 Presiden Joko Widodo mengunjungi Pelabuhan Yos Sudarso, Ambon bersama rombongan terbatas. Jokowi tiba di kawasan pelabuhan sekitar pukul 06.40 WIT.

Melansir pers “Kunjungi Pelabuhan Yos Sudarso, Presiden Berdialog dengan Pelaku Usaha Perikanan” dalam laman presidenri.go.id, dalam kunjungan ini, Presiden memanfaatkan kunjungan itu untuk mengobrol dengan para pelaku usaha perikanan setempat untuk mengetahui kondisi terkini sektor perikanan Maluku, Pelabuhan Yos Sudarso serta pelabuhan lain di sekitarnya yang membutuhkan pengembangan untuk dapat mendukung sektor perikanan Maluku yang memiliki potensi besar dan keunggulan di perikanan tangkap.

“Jadi pagi hari ini saya khusus datang ke Ambon itu hanya punya satu keperluan bahwa kita akan membangun Ambon New Port yang kurang lebih di dalam perencanaan nanti ada 700 hektare yang itu terintegrasi antara pelabuhan logistik dan pelabuhan perikanan serta industri perikanan ada di satu lokasi,” ujar Presiden saat berdialog dengan pelaku usaha perikanan dalam laman presidenri.go.id.

Presiden Joko Widodo mengatakan, Kota Ambon akan mengembangkan pelabuhan baru. Pelabuhan dengan konsep pelabuhan terintegrasi ini akan menjadi pusat pertumbuhan industri pengolahan ikan dan konsolidasi kargo dari wilayah Indonesia Timur. Pengembangan pelabuhan ini sangat dibutuhkan lantara pelabuhan khusus perikanan yang ada saat ini sudah mencapai kapasitas maksimum.

Pembangunan yang akan dimulai tahun ini diharapkan akan selesai dalam dua tahun. Presiden meminta agar para pelaku fisheries industry bisa segera mendaftar. Potensi perikanan di Maluku yang besar, namun belum teroptimalkan dengan baik, Jokowi melihat perlunya pembangunan sebuah fasilitas yang dibutuhkan para pelaku usaha perikanan setempat untuk memacu produksi perikanan lebih besar.

Presiden menekankan agar rencana dan implementasi dari pembangunan pelabuhan baru tersebut lebih dimatangkan. Pelabuhan baru ini diharapkan dapat menjadi sebuah percontohan bagi pengembangan pelabuhan modern yang terintegrasi dengan industri perikanannya di daerah-daerah lainnya.

Sebelum meninjau Pelabuhan YosSudarso, Presiden Joko Widodo terlebih dahulu meninjau jalannya proses vaksinasi massal. Dalam kunjungan tersebut, sebanyak 50 orang telah menjalani proses vaksinasi, pelaksana setempat menargetkan pemberian vaksin kepada 230 penerima vaksin secara keseluruhan.

Dalam kunjungan tersebut MenteriPerhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Gubernur Maluku Murad Ismail turut mendampingi Presiden Joko Widodo. (Gambar: instagram/@jokowi | Penulis: Mega)

Reponsive Ads