Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Pemerintah Siap Tanda Tangani Perjanjian Impor 1 Juta Ton Beras

                                                                                  sumber : kledo.com Berita 24 Indonesia - Pemerintah siap t...

 

                                                                sumber : kledo.com

Berita 24 Indonesia - Pemerintah siap tanda tangani perjanjian impor beras sebanyak 1 juta ton pada akhir Maret 2021 dengan Thailand.

Hari ini (18/3) dilansir dari Bangkok Post, Jurin Laksanawisit selaku Menteri Perdagangan Thailand membenarkan bahwa rencana penandatangan MoU siap dilaksanakan pada akhir Maret. Perjanjian ini berisi pasokan beras putih sebanyak 1 juta ton yang akan diimpor dari Thailand ke Indonesia. Kontrak ini berlaku untuk pasokan 1 juta ton beras dalam setahun dengan jangka waktu empat tahun.

Melansir kompas.com, Terdapat syarat tertentu juga dalam impor beras yang akan datang dari Thailand. Syarat tersebut yaitu impor tergantung pada harga beras dunia serta produksi beras dari kedua belah pihak. 

Sama dengan Indonesia, Thailand saat ini juga dalam diskusi untuk kesepakatan beras G2G untuk 1 juta ton beras putih dan beras setengah matang bersama dengan pemerintah Bangladesh.

Menurut Charoen Laothammatas, Presiden Asosiasi Eksportir Beras Thailaind perjanjian ini tidak akan mempengaruhi pasar besar Thailand. Hal ini karena perjanjian tersebut masih belum ditandatangani.

Charoen berpendapat saat ini masih sulit mengekspor beras Thailand ke pasar dunia karena nilai tukar baht masih tinggi. Ini menyebabkan harga beras Thailand lebih mahal dibanding pesaing lainnya. 

Sumber: kompas.com



 

Reponsive Ads