Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Presiden RI Joko Widodo Meresmikan Kolam Regulasi Nipa-nipa

Berita 24 Indonesia - Presiden RI Jokowi Dodo , melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan, Kamis (18/3). Kunju...




Sumber Photo : Akun Instagram Jokowi


Berita 24 Indonesia - Presiden RI Jokowi Dodo, melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan, Kamis (18/3).

Kunjungan tersebut, Jokowi meresmikan beroperasinya kolam regulasi nipa-nipa. kolam tersebut dibangun sejak tahun 2016 dengan anggaran sebesar Rp.320 miliar. kolam nipa-nipa secara khusus dimaksudkan untuk mereduksi potensi banjir hingga 157 meter kubik perdetik. hal ini, kerap terjadi akibat luapan sungai tallo bagian hilir di kota Makassar dan sekitarnya. 

"Alhamdullilah hari ini Kamis (19/3), kita resmikan dan operasikan karena telah selesai dibangun selama lima tahun yaitu Kolam Regulasi Nipa-Nipa. ini adalah kolam untuk pengaturan air, terutama banjur dan genangan yang ada dikota Makassar" Kata Presiden RI Joko Widodo saat sambutannya kemarin, dilansir oleh Satpres, Jum'at (19/3/2021). 

Selanjutnya, luas genangan mencapai 83,93 hektar dan berkapasitas tampung sebesar 2,74 juta permeter kubik. Kolam regulasi nipa-nipa yang berada di Kabupaten Maros akan bekerja dengan menyimpan air sementara waktu selama puncak banjir dan mengembalikan kembali ke hilir sungai Tallo. 

"Sangat berfungsi meskipun masih ada nanti kolam regulasi lain yang memang harus dibangun utamanya ini di DAS Tallo sehingga kota Makassar kita harapkan dapat bebas dari genangan dan banjir karena sekarang diatur dan dikendalikan oleh Kolam Regulasi di Nipa-Nipa" ujar Jokowi. 

Jokowi berharap, bahwa infrastruktur untuk meningkatkan daya dukung dan kemajuan di Provinsi Sulawesi Selatan. 

Selain itu, Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahaan Rakyat juga akan melakukan normanilisasi sungai Tallo, dan pembangunan tanggung sepanjang 3 Kilometer untuk tahun yang akan mendatang. 

Upaya tersebut dapat diharapakan untuk memberikan dampak dan juga manfaar untuk menanggulangi banjir di 6 kecamatan, diantaranya Pattallassang, Moncongloe, Manggala, Panakkukang, Tallo, yang terakhir Tamalanrea. 

Andi Sudirman Sulaiman, Gurbenur Sulawesi Selatan menyampaikan ucapan syukur dan berterima kasih kepada Presiden RI Jokowi Dodo atas pembangunan Kolam Regulasi Nipa-Nipa. dengan kehadirannya kolam ini benar-benar memberikan dampak langsung terhadap pengurangan dampak banjir di Makassar. 

"Saya sendiri hampur tiga tahun menjabat, setiap tahun hampir selalu pergi bawa perahu karet untuk ke genangan di Makassar. Kolam ini bukan cuma untuk teoritis, tapi praktik dilapangan dan langsung mengurangi dampak" tutur Andi.

Peresmian kolam regulasi nipa-nipa dihadirkan Mentri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Mentri Sekretaris Negara Partikno, Plt.Gubernur Sulawesi Selatan, Bupati Gowa, Bupati Maros, dan Wali Kota Makassar. (Sumber : Web. Presiden RI / Penulis : Antania Hanjani / Gambar: instagram/@jokowi)



 

Reponsive Ads