Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Teknisi Pendaftaran Program SMK Pusat Keunggulan

Berita 24 Indonesia - Dalam Program SMK Pusat Keunggulan akan berjalan selama empat tahun, hal ini dijelaskan oleh Direktur SMK M.Bakrun. Ba...



Sumber Photo : Edukasi Kompas

Berita 24 Indonesia - Dalam Program SMK Pusat Keunggulan akan berjalan selama empat tahun, hal ini dijelaskan oleh Direktur SMK M.Bakrun.

Bakrun menyebut, dalam kurun waktu tersebut diharapakan sudah terlihat dampaknya, terutama terhadap kualitas Siswa/I yang lulus dan siap kerja sehingga dapat terserap ke industri maupun menjadi wirausaha. 

"Kalo sekolahnya sudah bagus, bisa jadi tahun ini sudah masuk ke level 3. Jadi, program ini adan 4 level. kalo sudah masuk kriteria yang sudah ditentukan, kira-kira itu pada tahu ketiga sampai empat tahu" kata M.Bakrun Direktur Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), dilansir kemendikbud.go.id, Jum'at (19/3/2021).

Program ini, diharapkan mampu mengembangkan pendidikan di tingkat kejuruan yang semakin relevan sehingga kebutuhan masyarakat senantiasa dapat berubah sesuai dengan perkembangan dunia usaha atau pun industri serta menjadi pendukung kearifan dan keunggulan lokal terhadap sektor pembangunan ekonomi. tentu hal ini, guna untuk mendukung kebijakan pemerintah dengan kekhususan lainnya, dan mampu mendorong proses pembelajaran secara teratur dan berkelanjutan.

Teknis dalam program SMK Pusat Keunggulan diatur di dalam Keputusan Mentri Nomor 17/M/2020, yakni menyebut 5 ruang lingkup terhadap penyelenggaraan Program SMK Pusat Keunggulan; sosialisasi, seleksi, penetapan, pelaksanaan kegiatan, dan evaluasi penyelenggara program SMK Pusat Keunggulan. 


Bakrun menambahkan, di tahun ini akan diverifikasi ulang guna untuk menentukan level yang akan di akses sesuai ketentuan program tersebut . 

"Sejumlah 491 SMK CoE di tahun 2020 kami minta daftar ulang dan akan kami verifikasikan untuk menentukan level berapa SMK tersebut di 2020, fokus kami terbatas pada sarana dan prasaran." ucapnya. 

Untuk SMK yang telah lolos CoE di tahun 2020, Bakrun menegaskan tahun ini akan di berikan bantuan tetapi bukan bentuk fisik melainkan non-fisik yang cukup mengembangkan industri, menyelaraskan kurikulum, pembentukan karakter, pelatihan kepala sekolah, serta penguatan mindset kepemimpinan. 

Bantuan Program SMK Pusat Keunggulan dalam bentuk fisik yaitu membangun ruang praktik berupa bangunan bengkel atau laboratorium, maupun penyediaan peralatan.

"Di tahun ini Direktorat SMK mengalokasikan anggaran untuk bantuan non-fisik pada Program SMK Pusat Keunggulan sebesar Rp.200 Juta, sedangkan bantuan dalam bentuk fisik sebesar Rp.1,4 miliar - Rp.4 milira, tergantung sektor bidang dan kebutuhan sekolahnya masing-masing" ujarnya.

Pendaftaran Program SMK Pusat Keunggulan akan berakhir hari ini Sabtu (20/3/2021), daftar segera smk.kemdikbud.go.id/smkpk!!!. Sumber : Kemendikbud.RI | Sumber Photo : Edukasi Kompas.| Penulis : Antania.







Reponsive Ads