Page Nav

HIDE

Breaking News:

latest

Ads Place

Hari Ini Kemenag Gelar Sidang Isbat Penentuan 1 Ramadhan

Berita 24 Indonesia - Kemenag akan melakukan Sidang Isbat penentuan Ramadahan 1442 H atau 2021 Masehi, Sidang Isbat ini diselenggarakan di ...



Berita 24 Indonesia - Kemenag akan melakukan Sidang Isbat penentuan Ramadahan 1442 H atau 2021 Masehi, Sidang Isbat ini diselenggarakan di kantor Kemetrian Agama Jalan Thamrin Jakarta Pusat. Hari ini, Kementerian Agama (Kemenag) menyelenggarakan Sidang Isbat untuk menentukan awal bulan Ramadhan tahun ini. Sidang Isbat ini menjadi momen penting dalam menetapkan tanggal awal puasa bagi umat Muslim di Indonesia untuk tahun 1442 Hijriah atau 2021 Masehi.

Ratusan orang dari berbagai kalangan, termasuk ulama, tokoh agama, serta petugas Kemenag, berkumpul di kantor Kementerian Agama yang terletak di Jalan Thamrin, Jakarta Pusat. Mereka berkumpul untuk mengamati fenomena alam yang menjadi petunjuk dalam menetapkan awal bulan Ramadhan.

Sidang Isbat ini merupakan upaya resmi pemerintah untuk menyatukan pandangan dalam menetapkan awal bulan suci bagi umat Islam. Para ahli akan memantau hilal, yaitu rupanya bulan baru, untuk menentukan apakah Ramadhan telah dimulai atau belum. Hasil pantauan ini kemudian akan diumumkan secara resmi oleh Kemenag.

Penetapan awal bulan Ramadhan sangat penting karena menentukan kapan umat Muslim akan memulai ibadah puasa selama satu bulan penuh. Dengan adanya Sidang Isbat, diharapkan semua umat Muslim di Indonesia dapat bersama-sama memulai dan mengakhiri ibadah puasa dengan satu tekad dan kebersamaan.

Selain sebagai momen ibadah, bulan Ramadhan juga menjadi waktu yang penuh berkah dan pengampunan. Umat Muslim menggunakan bulan ini sebagai kesempatan untuk mendekatkan diri kepada Allah, meningkatkan ibadah, serta memperbaiki diri secara spiritual dan moral.

Dengan dilaksanakannya Sidang Isbat ini, diharapkan umat Muslim dapat memulai bulan Ramadhan dengan penuh keberkahan dan keikhlasan dalam menjalankan ibadah puasa. Semoga ibadah puasa kita diberkahi dan menjadi sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.




Latest Articles