Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Terjadi Gempa Bumi Magnitudo 5,6 di Sukabumi, Berikut Ulasannya

Berita 24 Indonesia  - Terjadi gempa bumi dengan Magnitudo 5,6 pada Selasa sore (27/4) pukul 16.23 WIB di Sukabumi.  Berdasarkan laman we...


Berita 24 Indonesia - Terjadigempa bumi dengan Magnitudo 5,6 pada Selasa sore (27/4) pukul 16.23 WIB di Sukabumi. 

Berdasarkan laman website Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) pusat gempa yang terjadi berada di laut 103 km Tenggara Kabupaten Sukabumi, 104 km Barat Daya Kota Sukabumi, 118 km Barat Daya Kabupaten Bandung dengan kedalaman 14 km. 

Kemudian Pusdalops BNPB menerima laporan bahwa terdapat beberapa BPBD terkaitadanya gempa yang dirasakan di masing-masing daerah. 

Kepala BPBD Kabupaten Sukabumi melaporkan bahwa gempa tersebut dirasakan sangat kuat selama kurang lebih 15 detik, lanjut gempa sekitar 5 detik dirasakan warga di kota Bogor dan Kabupaten Bogor.

" BMKG mengidentifikasi peta guncangan dengan skla MMI yakni III MMI di Sukabumi, Rangkasbitung, Bayah, Cihara, Cilonggrang, Panggaarangan dan Bogor. Sementara II MMI dirasakan di Jakarta, Bandung dan Tangerang Selatan. “ Ujar Raditya Jati, Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB

Lanjut Raditya Jati mengatakan bahwa Skala Mercalli atau MMI merupakan satuan untuk mengukur kekuatan gempa bumi. Parameter III MMI mendeskripsikan getaran dirasakan nyata dalam rumah dan terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

Kondisi terakhir pasca gempa masyarakat sudah kembali kondusif dan belum ada laporanterkait dampak gampa tersebut.

Melansir melalui laman BNPB menghimbau kepada masyarakat agar selalu waspada dan siap siaga terhadap potensi gempa bumi yang dapat terjadi sewaktu-waktu (Photo : BNPB | Penulis : Antania)

 

 


Reponsive Ads