Page Nav

HIDE

Breaking News:

latest

Ads Place

Masa Peniadaan Mudik Hari Keempat Menurun Signifikan, Menhub : Angkutan Logistik Tetap Berjalan Tanpa Hambatan

Berita 24 Indonesia - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi Minggu kemarin (9/5/2021) melakukan tinjauan di sejumlah titik diantaranya; Pel...


Berita 24 Indonesia - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi Minggu kemarin (9/5/2021) melakukan tinjauan di sejumlah titik diantaranya; Pelabuhan Penyerangan Bakauheni dan Merak, serta Pos Penyekatan di Gerbang Tol Pejagaan, Jawa Tengah.

Di dalam kunjungan tersebut, Menhub Budi mengatakab pengendalian transportasi khususnya di udara, kereta api, dan sekor laut, praktis dapat dikendalikan dengan baik.

" Di sektor udara turun hingga 93%, sektor kereta api turun hingga 90%, dan sektor laut turun hingga 90 %. artinya upaya peniadaan ini efektif berjalan dengan baik. sementara itu, angkutan logistik berjalan stabil seperti biasa " Kata Menhub Budi Karya Sumadi di Pejagaan, Jawa Tengah, Minggu (9/5/2021), dikutip dari laman dephub.go.id.

Lanjut Menhub, pengendalian di transportasi darat memiliki tantangan tersendiri, sampai minggu kemarin berjalan cukup efektif. maka, dalam hal ini Menhub mengapresiasi seluruh petugas baik dari pihak Kepolisian, TNI,serta pihak terikat lainnya.

" Apa yang terjadi di sektor transportasi darat ke arah Jawa Tengah ini terjadi suatu penurunan yang banyak sekali. Di masa peniadaan mudik, arus lalu lintas turun sampai 45%. Bahkan saat kami lakukan overview , lalu lintas di jalan tol terlihat lengang. Saya mengapresiasi petugas kepolisian,TNI, dan untuk terkait lainnya, karna penyekatan berlapis ini cukup efektif " Ucapnya.

Kemudian Menhub menambahkan, meminta para petugas mewaspadai dan mengantisipasi potensi adanya suatu lonjakan arus lalu lintas pada H-4 dan H-3 jelang lebaran. lalu, Menhub memastikan angkutan logistik tetap berjalan lancar di masa peniadaan mudik 2021.

" Kami ingin memastikan angkutan logistik tetap berjalan tanpa hambatan di masa peniadaan mudik ini. Di Merak dan Bakauheni pergerakan logistik hanya mengalami penurunan 5 %,  artinya angkutan logistik tetap berjalan baik " tutur menhub.

Melansir dari laman dephub bahwa dalam  pergerakan penumpang di Pelabuhan Penyebrangan Merak dan Bakauheni sangat terkendali. 

Tercatat di hari keempat peniadaan mudik 2021, jumlah penumpang mengalami penurunan mencapai hingga antara 80% sampai 90 %.

Berdasarkan data pada Sabtu (8/5/2021) atau di hari ketiga peniadaan mudik, tercatat penumpang yang berangkat dari Pelabuhan Merak untuk kepentingan  non-mudik hanya sebanyak 3.050 penumpang, dari 25 hingga 28 ribu penumpang perharinya di hari biasa. (Sumber : dephub.go.id | Foto : Dok.Kementerian Perhubungan | Penulis : Antania)

Latest Articles