Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Laju Kasus Covid-19 Meningkat , Marsekal Hadi Tjahjanto : TNI dan Polri Mengendalikan Covid-19 di Kabupaten Bangkalan & Kudus

Berita 24 Indonesia - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan bahwa TNI dan Polri melakukan pengedalian laju kasus Covid-19 terut...


Berita 24 Indonesia - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan bahwa TNI dan Polri melakukan pengedalian laju kasus Covid-19 terutama yang berada di daerah Bangkalan dan Kudus. 

Pernyataan tersebut disampaikan dalam keterangan pers usai mengikuti rapat terbatas mengenai penangan Covid-19, yang dipimping langsung oleh Presiden RI Joko Widodo.

" Memang kita mengetahui bahwa ada daerah-daerah yang mengalami peningkatan, seperti kabupaten Kudus dan Kabupaten Bangkalan. TNI dan Polri serta BNPB telah melakukan langkah dalam rangka pengendalian kasus di dua wilayah tersebut " Ujar Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Senin (7/6/2021), dikutip dari laman setkab. 

Untuk menangani pengedalian laju kasus Covid-19 di daerah Bangkalan dan Kudus, Marsekal Hadi Tjahjanto mangatakan terdapat empat langkah yang harus dilakukan

Langkah pertama TNI dan Polri melakukan pendampingan kepada Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) kabupaten untuk menggerakan motor yang ada di tingkat bawah, yakni dalam penerapan kebijakan PPKM Mikro. 


" Karena di PPKM kita bisa melaksanakan tracing terhadap kontak erat dan setelah itu kita bisa mengetahui apakah positif atau tidak. termasuk di PPKM, kita juga bisa meningkatkan angka kesembuhan masyarakat dan menekan angka kematian " Tambahannya. 

Kemudia pihak TNI dan Polri untuk menangani laju kasus Covid-19 dalam menerapkan PPKM mikro juga melipatgandakan tracer untuk dapat membantu para Babinsa dan Babinkamtibmas dalam melakukan tracing atau pelacakan. 

" Kita kerahkan anggota TNI dan Polri di wilayah yang melaksanakan PPKM dengan penambahan personel tersebut untuk bisa melakukan kegiatan membantu kepala dinas kesehatan kabupaten " Ungakpanya.

Lalu yang kedua Marsekal Hadi mengatakan bahwa TNI dan Polri melakukan pendampingan dan memperkuat pelaksanaan pemeriksaan test Covd-19 yaitu swab PCR.

" Kita harapkan PCR tetap bisa dipertahankan jumlahnya setiap hari, bahkan setiap minggu ataupun harus juga segera ditingkatkan " Katanya

Langkah yang ketiga TNI dan Polri melakukan pendampingan untuk penanganan Covid-19 yaitu terhadap fasilitas layanan kesehatan dengan mengarahkan tenaga kesehatan.

Lalu langkah yang terakhir TNI dan Polri memperkuat disiplin protokol kesehatan seperti halnya memakai masker, mencuci tangan , dan menjaga jarak.

" Dengan apa yang di laksanakan di daerah, dua daerah sudah bisa terkendali. Pemerintah daerah saat ini sudah bisa melaksanakan apa yang kita berikan, sehingga optimitis bahwa dua daerah tersebut segera turun kasus positifnya dan Covid-19 bisa dikendalikan dengan baik " tandasnya.

(Sumber : Setkab | Foto : Ilustrasi Covid-19/klikdokter.com)

Reponsive Ads