Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Menteri Kesehatan : Akan Tinjau Langsung Ke Daerah Yang Mengalami Lonjakan Kasus Covid 19 Di Derah Pasca Libur Lebaran, Terutama Kudus Dan Bangkalan

Berita 24 Indonesia - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkap bahwa dirinya bersama Kepala BNPB sekaligus Ketua Satgas Penanganan ...


Berita 24 Indonesia - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkap bahwa dirinya bersama Kepala BNPB sekaligus Ketua Satgas Penanganan Covid-19, Kapolri, serta Panglima TNI akan meninjau langsung ke daerah yang mengalami lonjakan kasus Covid-19. 

Peninjauan tersebut dilakukan setelah liburan lebaran 2021, seperti di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, dan Kabupaten Bangkalan di Jawa Timur. 

" Yang penting urusannya dengan nyawa, kita mengurangi tekanan beban yang ada di rumah sakit dengan cara kita merajuk pasien-pasien yang bergejala dan sedang ke kota terdekat, untuk Kudus ke Semarang, Untuk Bangkalan ke Surabaya " Kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam siaran pers di kanal youtube channel Sekretariat Presiden, Senin (7/6/2021). 

Menkes memamparkan bahwa di Kudus tingkat kurangnya tempat tidur di rumah sakit meningkat, dari sekitar 40 pasien saat ini mencapai 350 pasien dalam 1.5 minggu terakhir. 


Kemudian di Bangkalan juga kurangnya tempat tidur isolasi mandiri meningkat dari sekitar 10 pasien hingga saat ini mencapai 70 sampai 80 pasien.

" Kenaikan yang tinggi ini karena ada peningkatan kasus secara spasifik di klaster ini. Karena memang Kudus adalah daerah ziarah, sedangkan di Madura banyak pekerja migran Indonesia yang pulang dari tetangga " Tuturnya. 

Untuk mengurangi tekanan di rumah sakit baik di Kudus dan Bangkalan, kata Menkes pihaknya akan bekerja sama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan juga Perawat Nasional Indonesia (PPNI) yang telah mengirimkan dokter dan perawat. 

 " Dikudus ada sekitaran 300-an lebih tenaga kesehatan sudah terpapar, karena sudah divaksin alhamdulillah sampai sekarang kondisi mereka masih baik, termasuk satu orang dokter spesialis yang usianya 70 tahun " Ungkap Menkes. 


Diakhir Menkes Budi mengingatkan kembali lonjakan kasus Covid-19 pasca libur lebaran diperkirakan masih akan berlangsung sampai 5 hingga 7 minggu setelah libur panjang. 

" Berdasarkan pengalaman kita sebelumnya, puncak dari kenaikan kasus terjadi 5-7 minggu sesudah lebaran. Jadi perkiraan kita masih akan melihat adanya kenaikan kasus ini akhir bulan ini atau awal bulan depan. " Ucapnya. 

( Foto : Tangkap Layar Youtube Channel Sekretariat Presiden/ Keterangan Pers Menko Perekonomian, Menkes, Kapolri, dan Kepala BNPB, Senin (7/6/2021) ) 

Reponsive Ads