Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Rawan Bencana Alam, Seismolog Ingatkan Penyelenggara Olimpiade

Berita 24 Indonesia - Risiko bencana alam besar bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. Kita semua harus waspada dan tidak boleh mengabai...


Berita 24 Indonesia - Risiko bencana alam besar bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. Kita semua harus waspada dan tidak boleh mengabaikan tanda sekecil apapun dalam menghadapi bencana seperti gempa bumi, tsunami, gunung meletus, dan banjir.

 

Jepang yang terletak di Cincin Api busur gunung berapi dan parit samudera yang mengelilingi Cekungan Pasifik setidaknya menyumbang sekitar 20% dari gempa bumi berkekuatan 6,0 di dunia dan rata-rata mengalami gempa kecil setiap lima menit.

 

Profesor Universitas Tokyo yang juga seorang Seismolog Robert Geller mengatakan peluang terjadinya gempa bumi besar pada hari tertentu sangat kecil tetapi hal ini bisa terjadi.

 

“Meskipun Jepang siap dalam menghadapi bencana gempa bumi dengan standar bangunannya yang cukup bagus, tetapi tidak ada yang sempurna,” kata Geller.

 

“Ketika hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, kami harus segera memberi tahu delegasi dan pihak yang terlibat apa yang harus dilakukan. Kami membuat persiapan dengan bantuan pemerintah,” kata Seiko Hashimoto, Presiden Panitia Penyelenggara Tokyo 2020.

 

Galler memperingatkan bencana besar bisa terjadi selama Olimpiade dan Paralimpiade yang dimana evakuasi menyebabkan pengungsi berkerumun dalam jarak dekat dapat memperparah bencana lainnya seperti penyebaran Covid-19.

 

“Orang-orang di Jepang yang bekerja untuk menanggulangi bencana sebenarnya sangat khawatir tentang itu. Jika Anda memiliki bencana lain di atas infeksi virus corona, semuanya akan lebih buruk,” tambahnya.

 

Sumber: Reuters

 

Tags: Olimpiade Tokyo 2020, Jadwal Pertandingan Olimpiade, Mitigasi Bencana Alam.

Reponsive Ads