Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Perusahaan China Sediakan Ribuan Robot untuk Bantu Jasa Pengiriman Selama Pandemi

Berita 24 Indonesia - Lebih dari seribu robot akan bergabung menjadi kurir dalam perusahaan pengiriman China seperti Alibaba, Meituan dan...


Berita 24 Indonesia - Lebih dari seribu robot akan bergabung menjadi kurir dalam perusahaan pengiriman China seperti Alibaba, Meituan dan JD.com, ketika permintaan untuk layanan nirsentuh meningkat selama pandemi.

 

Salah seorang Eksekutif perusahaan teknologi mengatakan bahwa dia berharap untuk mengoperasikan lebih dari 2.000 robot di antara para kurir pengirim paket lainnya pada tahun 2022.

 

Saat ini jutaan kurir masih mengirimkan paket dengan biaya jasa kurang dari 3 yuan di China. Perusahaan pengiriman juga telah mencoba untuk menggunakan drone atau robot seperti kotak di atas roda sejak 2013 di tengah krisis tenaga kerja yang memburuk karena pandemi.

 

Salah satu perusahaan pengiriman makanan, Meituan, juga sudah meluncurkan layanan robotnya pada Februari 2020 lalu, ketika infeksi Covid-19 mencapai puncaknya di Beijing, lebih awal dari yang direncanakan pada akhir tahun 2020.

 

Pandemi Covid-19 telah menjadi dorongan besar untuk rencana peluncuran robot, kata Xia Huaxia, kepala ilmuwan di Meituan.

 

Kepala ilmuwan dari unit penggerak JD.com Kong Qi mengatakan mereka juga mengemukakan rencananya untuk meluncurkan layanan robot. Mereka menargetkan peluncuran pada Juni 2020 di Beijing, tetapi mulai menggunakan layanan di Wuhan tahun ini ketika China tengah dikunci.

 

Kami ingin orang dan kendaraan bekerja lebih baik bersama-sama dan bukan kendaraan untuk menggantikan orang. Hanya di bagian paling membosankan dari pekerjaan petugas pengiriman yang akan kami coba ganti, katanya.

 

Namun, pengiriman paket yang dilakukan manusia melebihi kemampuan robot seperti menaiki tangga dan tekstur jalan. Robot hanya diperbolehkan pada rute tertentu seperti di perumahan dan kampus sekolah karena batas kecepatan dan kondisi jalan.

 

Robot juga cenderung digunakan untuk mengirimkan produk yang kurang sensitif terhadap waktu seperti paket barang daripada makanan.

 

“Efisiensinya rendah untuk area kantor di mana orang memesan banyak makanan dan paket tetapi kapasitas kendaraan terbatas,” kata Zhang Ji, masyarakat yang sudah mencoba melakukan layanan pengiriman robot.

 

Sumber: Reuters

 

Tags: Teknologi Pengiriman Nirsentuh, Robot Pengirim Paket, Perusahaan Pengiriman China.

Reponsive Ads