Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

PM Australia Berada Dalam Tekanan dan Kritik Atas Keputusannya

Berita 24 Indonesia - Perdana Menteri Australia Scott Morrison berangkat ke Washington untuk bertemu dengan para pemimpin kelompok Quad di ...


Berita 24 Indonesia - Perdana Menteri Australia Scott Morrison berangkat ke Washington untuk bertemu dengan para pemimpin kelompok Quad di tengah kritik atas keputusan pemerintahnya untuk membatalkan kesepakatan kapal selam senilai 40 miliar dolar dengan Prancis.

 

Sebelumnya pemerintah Australia mengatakan akan membatalkan kesepakatan dengan Angkatan Laut Prancis untuk membangun armada kapal selam konvensional. Namun mereka lebih memilih membangun delapan kapal selam bertenaga nuklir dengan AS dan Inggris setelah mencapai kemitraan keamanan trilateral.

 

Prancis mengatakan hubungan dengan Australia dan Amerika Serikat berada dalam krisis dan telah menarik duta besarnya dari kedua negara tersebut.


Pertemuan Quad yang dihadiri Perdana Menteri Australia Morrison dan PM Jepang Yoshihide Suga serta negara Quad lainnya akan membahas Covid-19, perubahan iklim, dan keamanan regional menurut sumber yang mengatakan kepada Reuters.


"Semua ini untuk memastikan bahwa kepentingan kedaulatan Australia akan didahulukan dengan hidup damai bagi banyak orang lain di kawasan kami," kata Morrison kepada wartawan di Sydney.


Morrison menolak menetapkan target emisi nol karbon pada tahun 2050 ketika berada di bawah tekanan untuk pertemuan lainnya termasuk menjelang KTT iklim PBB di Glasgow pada 31 Oktober-12 November mendatang.


Morrison juga harus kembali mempersiapkan diri dalam pemilihan pada Mei 2022. Survei yang dilakukan secara luas pada hari Senin, (20/9) menunjukkan Partai Buruh di jalur kemenangan kekuasaan untuk pertama kali sejak 2013.


Sumber: Reuters


Tags: Pertemuan Quad, Trilateral, KTT PBB, PM Australia.

Reponsive Ads