Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Tanggapan Anggota DPR RI Terhadap Kasus Penyerangan KKB Papua Kepada Nakes

Berita 24 Indonesia - Terjadi   Penyerangan yang dilakukan KKB Papua kepada tenaga kesehatan di Distrik Kiworok pada Senin (13/9/2021) Anggo...


Berita 24 Indonesia - Terjadi Penyerangan yang dilakukan KKB Papua kepada tenaga kesehatan di Distrik Kiworok pada Senin (13/9/2021)

Anggota komisi IX DPR RI, Netty Praseteyani Aher mempertanyakan kepada pemerintah langkah menindaklanjuti atas kasus tersebut.

" Pemerintah harus mengusut dan menindaklanjuti kasus ini hingga tuntas. Nakes dan fasilitas kesehatan merupakan wilayah sakral yang terlarang disentuh dalam konflik apapun. Mereka berada di daerah terpecil di pegunungan Papua untuk menjalankan misi kemanusiaan " Ujar Netty, tertulis di rilis parlementaria, Minggu (19/9/2021).

Lanjut Netty menanggapi kasus tersebut, keamanan dan perlindungan kepada nakes yang sedang bertugas di wilayah konflik harus menjadi prioritas bagi pemerintah.

" Seharusnya mereka aman dari berbagai konflik apapun dan terlindungi jiwanya untuk tetap menjalankan misi kemanusiaan  " Ungkapnya.

Netty menambahkan perlindungan dan jaminan keamanan bagi seluruh warga negara merupakan amanat konstitusi

Jadi, jika tenaga kesehatan dan fasilitas kesehatan telah diserang, disiksa, dan dilecehkan oleh KKB Papua, pemerintah harus bertindak tegas.

" Ini merupakan bentuk penghinaan terhadap kemanusiaaan yang tidak boleh dibiarkan, apalalgi sampai berulang lagi " Tegasnya.

Selain itu, Netty mengatakan juga pemerintah harus memberikan dukungan dan santunan memadai untuk korban dan keluarganya sebagai bentuk pertanggungjawaban.

Kemudian dihimbau kepada pemerintah para korban tanaga kesehatan atas insiden ini mendapatkan perawatan psikis untuk memulihkan traumatis.

" Jangan sampai insiden ini membuat nakes menolak bertugas di wilayah terpecil dan konflik karena merasa tidak aman.

(Foto : Doc.DPR RI)





Reponsive Ads