Page Nav

HIDE

Ads Place

Memaparkan 5 Point Saat Jokowi Menerima Kunjungan Kehormatan Menlu Prancis Jean-Yves Le Drian

Memaparkan 5 Point Saat Jokowi Menerima Kunjungan Kehormatan Menlu Prancis Jean-Yves Le Drian/BPMI Setpres Berita 24 Indonesia - Presiden R...

Memaparkan 5 Point Saat Jokowi Menerima Kunjungan Kehormatan Menlu Prancis Jean-Yves Le Drian/BPMI Setpres



Berita 24 Indonesia
- Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menerima kunjungan kehormatan Menteri Urusan Eropa dan Luar Negeri (Menlu) Prancis Jean-Yves Le Drian di Istana Merdeka, Jakarta, pada Rabu (24/11/2021).

Pertemuan ini Presiden Jokowi didampingi oleh Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Sementara yang mendampingi Menlu Prancis oleh Duta Besar Prancis untuk Indonesia Oliver Chambard.

Dilansir dari laman resmi setpres, dalam pertemuan tersebut, Presiden Jokowi memaparkan 5 point utama terkait hubungan kedua negera (Prancis-Indonesia) :

1. Menyetujui peningkatan komunikasi di tahun depan. di mana Indonesia akan menjadi ketua G20 dan Prancis akan menjadi Presiden Uni Eropa.

2. Selama Presidensi Prancis di Uni Eropa, Jokowi mengharapkan negosiasi perjanjian kemitraan ekonomi komprehensif (CEPA) antara Indonesia dengan Uni Eropa akan diperceoat dan mendapatkan hasil yang konkret.

3. Jokowi ingin Prancis menjadi mitra Indonesia dalam memperjuangkan perdagangan yang terbuka, adil, dan nondiskriminatif. Jokowi pun juga mendukung perdagangan yang berkelanjutan.

" Mendukung perdagangan yang sustainable. Tapi saya keberatan jika isu lingkungan disalahgunakan untuk dijadikan hambatan perdagangan " Ucap Jokowi menambahkan dalam point ke-3.

4. Menyambut baik peningkatan kemitraan dengan adanya mekanisme dialog yang baru, yaitu pertemuan 2-2 (Menlu - Menhan) antara kedua negara.

5. Jokowi menyampaikan terima kasih atas dukungan vaksin Prancis ke Indonesia yang jumlah totalnya akan mencapai 4.8 juta dosis vaksinasi Covid-19.



(Sumber : BPMI Setpres)

Ads Place