Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Restrukturisasi Pendidikan Indonesia Pasca Pandemi Covid-19

Restrukturisasi Pendidikan Indonesia Pasca Pandemi Covid-19 Berita 24 Indonesia - Restrukturisasi atau penataan kembali menjadi salah satu a...

Restrukturisasi Pendidikan Indonesia Pasca Pandemi Covid-19

Berita 24 Indonesia - Restrukturisasi atau penataan kembali menjadi salah satu alasan perubahan konsep pendidikan Indonesia saat ini karena adanya pandemi Covid-19 yang melanda hampir seluruh dunia.

 

Hingga saat ini, virus corona masih membayangi kita, karena virus yang selalu bermutasi. Pasca pandemi gelombang kedua yang didominasi varian Delta, Indonesia mulai kembali ke keadaan normal secara bertahap.

 

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) memberikan izin kepada sekolah-sekolah yang didaerahnya sudah turun dalam kondisi yang memungkinkan untuk melakukan kegiatan tatap muka.

 

Pembelajaran Tatap Muka (PTM) sudah diberlakukan sejak Agustus lalu, dimana salah satu faktor kegiatan ini bisa dilakukan berdasarkan level PPKM yang terjadi di setiap daerah. Wilayah yang berada di level rendah, sudah melakukan kegiatan tatap muka secara terbatas.

 

Sebelumnya, selama pandemi Covid-19, para pendidik maupun pelajar melakukan kegiatan pembelajaran secara online atau jarak jauh. Para pendidik berlomba-lomba untuk membuat inovasi baru dengan bantuan teknologi dalam setiap metode ajar mereka.

 

Namun saat ini banyak dari para pendidik yang hanya memberikan tugas selama mata pelajaran tersebut berlangsung. Seharusnya, mereka melakukan segala upaya untuk membuat suasana ‘ruang kelas’ agar tidak membosankan karena bantuan teknologi tersebut.

 

Pemanfaatan teknologi di era digital seperti sekarang ini memang membutuhkan adaptasi dan pembaharuan secara berkala. Pengoptimalannya juga harus ditunjang dengan sarana dan prasarana yang memadai termasuk perangkat komputer dan internet.

 

Maka dari itu, restrukturisasi dalam bidang pendidikan sangat diperuntukkan untuk mengubah semua cara dan metode kuno dalam memberikan maupun menerima pembelajaran di era digital.


Penulis: Budi Firmansyah (Mahasiswa Sekolah Pascasarjana Uhamka)

 

Tags: Restrukturisasi, Pendidikan Indonesia, Sekolah Tatap Muka, Sekolah Online.

Reponsive Ads