Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Tinjau Persemaian Modern Rumpin Bersama Dubes Negara Sahabat, Jokowi : Tunjukan Indonesia Serius Untuk Menangani Dampak Perubahan Iklim

Tinjau Persemaian Modern Rumpin Bersama Dubes Negara Sahabat, Jokowi : Tunjukan Indonesia Serius Untuk Menangani Dampak Perubahan Iklim/Tang...

Tinjau Persemaian Modern Rumpin Bersama Dubes Negara Sahabat, Jokowi : Tunjukan Indonesia Serius Untuk Menangani Dampak Perubahan Iklim/Tangkap Layar Instagram:@jokowi



Berita 24 Indonesia
- Presiden Republik Indonesia Joko Widodo meninjau persemaian Modern Rumpin di Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor,pada Jum'at (19/11/2021).

Dalam persemaian tersebut, Jokowi menunjukan kepada para duta besar (Dubes) negara sahabat yang hadir. Para dubes tersebut diantaranya; Dubes Inggris untuk Indonesia Own Jenkins, Dubes Amerika Serikat untuk Indonesia Sung Yong Kim, Dubes Kanada untuk Indonesia Cameron MacKay, Dubes Uni Eropa untuk Indonesia Vincent Piket, serta Country Bank Dunia Satu Kahkonen.

" Saya ingin menunjukkan bahwa Indonesia serius dalam menangani dampak dari perubahan iklim. Nursey canter yang saya tunjukkan ini bisa memproduksi kurang lebih 12 juta bibit dalam setahun " Kata Jokowi tertulis dalam captionnya di akun media sosialnya.

Kemudian dalam peninjauan tersebut, Jokowi juga mengajak para dubes untuk melihat sejumlah fasilitas seperti area perkecambahan, rumah produksi, aklimatisasi, hingga area penanaman terbuka, 

" Sejumlah bibit pohon yang disiapkan disini nantinya akan ditanam di lahan-lahan kritis yang membutuhkan " Tambahan Jokowi.

Lanjut mengatakan bahwa pemerintah akan menargetkan membangun kurang lebih 30 pusat pesemaian serupa dalam 3 tahun kedepan.

Kemudian pemerintah juga akan mengharuskan semua perusahaan kelapa sawit dan perusahaan pertambangan untuk jaga menyiapkan nursey-nursey seperti ini untuk perbaikan di lingkungan perkebunan kelapa sawit dan pertambangan itu.

Dilansir dari laman setkab, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar menyebutkan bahwa sejak tahun 2020 telah dipersiapkan sebanyak 6 lokasi pusat persemaian dan secara bertahap akan dibangun. 

Beberapa pusat persemaian yang akan di bangun : 

1. Pusat persemaian Rumpin di Provinsi Jawa Barat seluas 128 hektare, kapasitas 16 Juta bibit.

2. Pusat persemaian IKN di kawasan hutan produksi, Desa Mentawir, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur seluas 120 hektare, kapasitas 15 juta bibit per tahun.

3. Pusat persemaian Danau Toba di kawasan hutan lindung blok Sibisa, Desa Motung, Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba, Provinsi Sumatera Utara, luas 37,25 hektare, kapasitas 5 juta bibit pertahun.

4. Pusat persemaian Labuan Bajo seluas 30 hektare di kawasan hutan produksi Satar-Kodi, Nggorang, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi NTT seluas 30 hektare, kapasitas 5 juta bibit per-tahun.

5. Pusat persemaian Mandalika berlokasi di kawasan hutan lindung, Rembitan-Sengkol, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi NTB seluas 32.25 hektare, kapasitas 5 juta bibit per - tahun.

6. Pusat persemaian Likupang di kawasan TWA Batu Putih, Batu Putih Bawah, Kecamatan Ranowulu, Kota Bitung, Provinsi Sulawesi Utara seluas 30.33 hektare, kapasitas 5 juta per-tahun.



Reponsive Ads