Page Nav

HIDE

Ads Place

Dubes RI Untuk AS : Kehadiran Diaspora Indonesia di AS Menjadi Aset Penting Untuk Membangun Bangsa Dan Generasi Unggul Di Masa Depan

Dubes RI Untuk AS : Kehadiran Diaspora Indonesia di AS Menjadi Aset Penting Untuk Membangun Bangsa Dan Generasi Unggul Di Masa Depan/Doc.Kem...

Dubes RI Untuk AS : Kehadiran Diaspora Indonesia di AS Menjadi Aset Penting Untuk Membangun Bangsa Dan Generasi Unggul Di Masa Depan/Doc.Kemenlu RI



Berita 24 Indonesia
- Keberadaan diaspora Indonesia di Amerika Serikat, termasuk diaspora Muslim, menjadi sarana dan aset penting untuk membangun negara Indonesia dan mencetak generasi unggul di masa depan yang tidak lupa akan akar bangsa.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk AS, Rosan Perkasa Roeslani saat membuka secara resmi muktamar Indonesia Muslim society in America (IMSA) - Malaysia Islamic student group (MISG) di Los Angeles, Amerika Serika, Pada tanggal 26 Desember 2021.

" Kita patut berbangga sebagai muslim Indonesia, karena selama ini dianggap sebagai wajah dari Islam yang ramah, berjalan beriringan dengan modernitas, demokrasi, dan menjunjung tinggi hak-hak perempuan. Oleh karenanya, kita harus meningkatkan upaya-upaya untuk menunjukkan hal tersebut " Imbuhnya, dikutip dari laman resmi Kemenlu RI.

Sementara itu, Presiden IMSA Aria Novianto dalam sambutannya menyampaian apresiasi atas dukunga konsisten perwakilan Indonesia.

"Alhamdulillah, seperti biasa dukungan tersebut sangat berperan besar dalam kegiatan ini, saya harap Muktamar ini dapat mendatangkan banyak manfaat nyata dan semakin memperkuat tali persaudaraan kita semua " Ujar Aria. 

Muktamar IMSA-MISG tahun ini dihadiri sekitar 1.300 diaspora Muslim Indonesia dan Malaysia, dimana 700 diantaranya katagori pemuda yang tidak hanya berasal dari AS, namun juga Kanada.

Selain itu, Muktamar tahun ini pun juga berisi berbagai diskusi untuk meningkatkan peran dan kualitas diaspora Muslim Indonesia di AS, juga mengangkat agenda pemberdayaan generasi muda dan perempuan, seperi kewirausahaan.

Mantan Presiden IMSA Syafrin Murdas yang berdomisili di negara bagian Virginia, mengatakan kegiatan muktamar ini disambut antusiasme tinggi oleh para peserta, beberapa diantaranya pun datang dari berbagai penjuru di AS.

" Kegiatan ini memang selalu ditunggu. Selain ajang silaturahmi, banyak ide baru untuk memperkaya kualitas diri dan memperkuat persatuan masyarakat Muslim di AS " Ucap Syafrin.

Diketahui bahwa pada tahun 1998 IMSA telah menjadi membentuk organisasi yang awalnya berdiri dari para pelajar dan mahasiswa Indonesia yang menjadi sebuah organisasi masyarakat keagamaan, amal, ilmiah, sastra, pendidikan dan nirlaba.

Kegiatan muktamar IMSA-MISG 2021 ini merupakan kegiatan tahunan ke-23 sejak pertama kali dilaksanakan pada tahun 1998. 


(Sumber : Kemenlu RI)

Latest Articles