Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Kapal TKI ILegal Tenggelam Di Johar, Badan Penegakan Maritim Malaysia : Pencarian DI Hari Kedua Ditemukan 5 Orang Mayat

Kapal TKI ILegal Tenggelam Di Johar, Badan Penegakan Maritim Malaysia : Pencarian DI Hari Kedua Ditemukan 5 Orang Mayat/Reuters:  Berita 24 ...

Kapal TKI ILegal Tenggelam Di Johar, Badan Penegakan Maritim Malaysia : Pencarian DI Hari Kedua Ditemukan 5 Orang Mayat/Reuters: 



Berita 24 Indonesia
- Pihak Malayasia menginformasikan kecelakaan kapal yang yang ditumpangi tenaga kerja Indonesia (TKI) Ilegal, pada Kamis (16/12) menemukan 5 orang mayat. Kini, jumlah korban tewas dari kecelakaan tersebut menjadi 16 korban.

Korban tewas termasuk dari; 10 orang pria, dan 6 orang wanita. Hal tersebut dinyatakan oleh Badan Penegakan Maritim Malaysia (MMEA).

Kemudian, 14 orang ditemukan dalam keadaan selamat, sementara 20 masih hilang dan masih dilakukan pencarian di hari kedua ini.

Diketahui kapal speedboat yang ditumpangi para tenaga kerja Indonesia (TKI) Ilegal tenggelam di di perairan Tanjung Balau, Johar, Malaysia, pada tanggal 15 Desember 2021. 

Kecelakaan tersebut adalah yang terbaru dari serangkaian bencana yang tercatat di perairan antara Indonesia - Malaysia dalam beberapa tahun terakhir, sering melibatkan kapal yang berlebihan muatan yang dimana mengangkut buruh yang mencari pekerjaan di pabrik dan perkebunan di Malaysia.


Anis Hidayah dari Migran CARE (sebuah organisasi non-pemerintah) yang berada di Jakarta, ada 100.000 dan 200.000 orang Indonesia berpergian secara ilegal ke Malaysia setiap tahun untuk bekerja, banyak dari mereka yang direkrut oleh geng-geng perdagangan manusia dan menjadi sasaran eksploitasi ketika mereka tiba.

" Mereka melakukan perjalanan ke Malaysia dengan kapal dan begitu banyak kecelakaan karena mereka berangkat di malam hari dan tiba di pagi hari " Ujar Anis, dikutip dari reuters.

Anis menambahkan bahwa kapal sering berhenti sebelum mencapai ke daratan untuk menghindari deteksi dan mengaharuskan mereka yang berada di atas kapal untuk berenang ke darat.



(Sumber : Reuters)


Reponsive Ads