Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Pertemuan Dengan Para Anggota OKI, Menlu RI Retno Paparkan 3 Isu Situasi Kemanusiaan Di Afganistan

Pertemuan Dengan Para Anggota OKI, Menlu RI Retno Paparkan 3 Isu Situasi Kemanusiaan Di Afganistan/Instagram:  @retno_marsud Berita 24 Indon...

Pertemuan Dengan Para Anggota OKI, Menlu RI Retno Paparkan 3 Isu Situasi Kemanusiaan Di Afganistan/Instagram: @retno_marsud



Berita 24 Indonesia
- Menteri Luar Negeri Republik Indonesia (Menlu RI) Retno Marsudi mpada, Minggu (19/12/2021) melakukan pertemuan extra ordinary para Menlu organisasi kerja sama Islam (OKI) di Islamabad. Pada pertemuan tersebut membahas situasi kemanusiaan di Afghanistan. 

" Pertemuan OKI ini merupakan momentum yang baik untuk menangani tiga isu, sebagai satu kesatuan " Ujar Menlu Retno, dikutip dari keterangan tertulis Kementerian Luar Negeri RI.

Pertama, Menlu memaparkan; OKI harus dapat memobilisasi dukungan dan resources untuk tangani krisis kemanusiaan di Afghanistan.

" Dalam kaitan ini, saya sampaikan bahwa Indonesia sudah siap untuk berkontribusi, dan saat ini Indonesia sedang siapkan bantuan makanan, berkoordinasi dengan badan PBB yang berada di lapangan " Ungkapnya

Kemudian kedua, Menlu Retno menyatakan dalam hal tersebut penting untuk dibuat satu roadmap mengenai upaya untuk memenuhi komitmen Taliban yang disampaikan pada tanggal 16 Agustus 2021, yaitu; membentuk pemerintah yang inklusif, menghormati HAM termasuk dengan hak perempuan dan anak perempuan, serta tidak menjadikan Afghanistan sebagai tempat breeding dan training bagi terorisme. 

" Saya tekankan bahwa, semua insiatif OKI akan sulit diimplementasikan tanpa kemajuan yang siginifikan dari Taliban untuk memenuhi janji-janjinya. Pendekatan (Help Us ti Help You atau bantu kami untuk bisa membantu anda) dengan Taliban harus dilakukan " Jelasnya. 

Lalu yang ketiga, Menlu Retno mengatakan OKI dapat berperdan sebagai jembatan dengan negara donor, dimana sebuah roadmap bantuan kemanusian dan pengaliran kebutuhan keuangan dapat dengan donor di berbagaii fora terkait. 

" Saya tekankan kembali, bahwa tiga hal ini snagat penting artinya bagi terciptanya Afghanistan yang damai, stabil, dan sejahtera " Tegasnya.

Akhir penutupan, Menlu Retno menyampaikan kembali bahwa OKI tidak boleh melupakan saudara-saudara di negara Palestina. 

Dan Retno mengatakan bahwa Indonesia konsisten akan selalu berada bersama rakyat Palestina dalam perjuangan memperoleh keadilan dan kemerdekaannya. 



(Sumber : Kementerian Luar Negeri RI)




Reponsive Ads