Page Nav

HIDE

Ads Place

Ratusan Rohing Muslim Asal Myanmar Terdampar Di Perairan Indonesia, Dian Suryansyah : Tolak Pengungsian, Hanya Dapat Memberikan Bantuan Kemanusiaan

Ratusan Rohing Muslim Asal Myanmar Terdampar Di Perairan Indonesia,  Dian Suryansyah : Tolak Pengungsian, Hanya Dapat Memberikan Bantuan Kem...

Ratusan Rohing Muslim Asal Myanmar Terdampar Di Perairan Indonesia,  Dian Suryansyah : Tolak Pengungsian, Hanya Dapat Memberikan Bantuan Kemanusiaan/Reuters



Berita 24 Indonesia
- Pihak berwenang Indonesia akan membantu memperbaiki sebuah kapal yang berisi dari 100 orang rohingnya, kini kapal tesebut terdampat di perairan lapas Indonesia tepatnya di pulau Bieuen, Sumatera Barat. Tetapi tidak mengizinkan mereka mengungsi di Indonesia.

" Tentu saja  Rohingnya ini bukan warga negara Indonesia, kami tidak dapat membawa mereka begitu saja untuk mengungsi (masuk ke Indonesia). Ini sejalan dengan kebijakan pemerintah " Kata Letkol Marinir TNI AL Dian Suryansyah, dikutip dari reuters, Selasa (28/12/2021).

Dian Suryansyah mengatakan Indonesia dapat membantu mereka berupa bantuan kemanusiaan, yaitu dengan memberikan makan-makanan, obatan-obatan, beserta air minum.

Kemudian Badruddin Yunus seorang nelayan setempat mengatakan, saat berkomunikasi melalui radio bahwasanya para rohing tersebut selama 28 hari di kapal terdapat 1 orang yang meninggal dunia, dan anak-anak sakit. 

Dilasir dari reuters, pengungsi muslim rohingnya dari Myanmar telah bertahun-tahun berlayar ke negara-negara seperti Malaysia, Thailand, dan Indonesia dimulai pada bulan April dan November. Banyak yang telah menolak mereka, meskipun ada seruan untuk bantuan oleh kelompok-kelompok hak asasi Intenasional.

Lebih dari 730.00 Rohingnya melarikan diri dari Myanmar pada bulan Agustus 2017 setelah tindakan keras militer yang menurut para pengungsi melakukan pembunuhan massal dan pemerkosaan. 

Kelompok Hak Asasi Manusia telah mendokumentasikan pembunuhan warga sipil dan pembakaran desa rohingnya.

Ratusan rohing kini telah berada di Indonesia selama beberapa tahun terakhir, setelah mereka berbulan-bulan di laut. 

(Sumber : Reutrs)






Ads Place