Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Rokhis Khomaruddin : Adanya Bukaan Baru Aliran Lava Vulkanik Gunung Semeru, 2.417.1 Hektar Lahan Rusak

Rokhis Khomaruddin : Adanya Bukaan Baru Aliran Lava Vulkanik Gunung Semeru, 2.417.1 Hektar Lahan Rusak/Dok.BNPB Berita 24 Indonesia - Plt.Ke...


Rokhis Khomaruddin : Adanya Bukaan Baru Aliran Lava Vulkanik Gunung Semeru, 2.417.1 Hektar Lahan Rusak/Dok.BNPB



Berita 24 Indonesia
- Plt.Kepala Pusat Riset Aplikasi Penginderaan jauh LAPAN -Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRAIN) Dr.Rokhis Khomaruddin menyampaikan bahwa keadaan di Gunung Semeru mengalami perubahan bentuk di wilayah kawah hingga lereng di bagian tenggara.

Dilansir dari laman resmi BMKG, menurut citra satelit USGS  bukaan baru aliran lava tercatat sepanjang 710 meter dengan lebar 110 meter.

Adanya bukaan baru aliran lava dari aktivitas vulkanik Gunung Semeru yang terjadi pada Sabtu (4/12) telah menyebabkan kerusakaan lahan hingga mencapai 2.417.2 hektar.

" Terjadi perubahaan di puncak Gunung Semeru, new lava flow " Kata okhis Khomaruddin tertulis dalam keterangan, Sabtu (4/12).

Lebih lanjut rincian luas kerusakan lahan meliputi hutan 909,8 hektar, lahan terbuka 764,5 hektar, hutan sekunder 243,1 hektar, lahan pertanian 161,5 hektar, ladang/tegalan 161,2 hektar, perkebunan 77,9 hektar, permukiman 67,8 hektar, semak/belukar 20,9 hektar dan tubuh air 10,4 hektar.

Terkait prakiraan cuaca dari BMKG terkait hujan sedang hingga lebat, serta adanya perubahan morfologi dari kawah Gunung Semeru, 

Kemudian BNPB meminta kepada seluruh masyarakat disekitar wilayah Gunung Semeru agar lebih meningkatkan kewaspadaan, dan kesiapsiagaan mengantisipasi adanya potensi dampak bencana susulan. 

Disamping itu, seluruh tim yang bertugas di lapangan untuk proses pencarian, evakuasi, pembersihan, dan kegiatan lain dalam upaya tanggap darurat agar selalu waspada dan terus memantau informasi dari pos pengamatan Gunung Semeru atau Badan Geologi



(Sumber : BNPB)

Reponsive Ads