Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Wakil Ketua MPR RI Sjarifuddin Hasan : 4 Pilar MPR RI dan Rakyat Indonesia Harus Saling Melengkapi

Berita 24 Indonesia - Wakil Ketua MPR RI Sjarifuddin Hasan mengatakan bahwa dalam menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara, rakyat Indon...




Berita 24 Indonesia
- Wakil Ketua MPR RI Sjarifuddin Hasan mengatakan bahwa dalam menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara, rakyat Indonesia memiliki 4 pilar MPR RI yaitu; Pancasila, Undang-Undang Dasar 45, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai panduan.

Nilai-nilai luhur dalam 4 pilar tersebut adalah hasil temuan,kajian, dan perjuangan para pejuang dan pendiri bangsa yang kemudian diwariskan kepada generasi penerusnya di masa kini untuk dijadikan pegangan hidup.

" 4 pilar dan rakyat harus saling melengkapi dan seiring sejalan untuk menghadapi berbagai kendala dan tantangan jaman yang semakin kompleks " Katanya saat menghadiri acara sosilaisasi 4 pilar MPR RI, di aula masjid fatimah, Jawa Barat,Sabtu (25/12/2021), dilansir dari laman resmi mpr.go.id.

Lebih jauh, Ia mengingatkan untuk dapat memahami 4 pilar jangan hanya sebatas hafalan semata, tetapi harus meningkatkan di tataran implementasi dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari lingkup kecil seperti, di keluarga, dan tempat tinggal atau kerja.

" Kalau hanya hafalan, saya yakin semua orang bahkan seusia SD sampai Ibu rumah tangga pasti hafal diluar kepala. Seperi sila-sila pancasila sebagai salah satu bagian dalam 4 pilar MPR, penjabaran sila-sila dalam tidak nyata, itulah yang bangsa ini perlukan saat ini " Ujarnya.

Syarief Hasan memberikan contoh untuk sila pertama yang berbunyi ketuhanan yang maha esa, implementasinya adalah negara Indonesia yang beragama dan mempercayai tuhan, serta menjamin rakyatnya untuk memeluk agama menurut kepercayaan masing-masing.

Disisi lain, sebagai rakyat harus melaksanakan ajaran-ajaran agamanya itu secara utuh, salah satunya adalah toleransi dan saling menghormati perbedaan kepercayaan.

" Semua hal penting ini harus dipahami rakyat, terutama generasi muda. Bapak, dan Ibu sekalian, saya harap menjaga anaknya kalau bisa dampingi agar nilai-nilai luhur bangsa tidak lepas dari diri anak kita. Sebab di era modern seperti sekarang banyak hal negatif yang sangat mudah sekali ke ranah pribadi dan menggerus moral anak " Tambahannya.

Lanjut Syarief Hasan meminta kepada pemuda-pemudi bangsa kecanggihan teknologi seperti smart phone, internet, dna media sosial harus disikapi dengan bijak dan hati-hati. 

" Jadikan kecanggihan teknologi itu untuk mempermudah kalian dalam mencari dan menambah ilmu pengetahuan serta wawasan, jangan sampai terlena hingga kalian terjebak dan menjadi generasi yang malas karena diperbudak teknologi " Tegasnya.

Untuk mempermudah pemahaman, secara mendadak Syarief Hasan memberikan sesi kuis, dengan pertanyaan seputar 4 pilar.

Beberapa pertanyaan sulit sengaja dilemparkan untuk memancing rasa penasaran peserta.

" Kalau bingung kalian bisa menggunakan google di smartphone untuk menemukan jawabannya " Ucapnya.

Peserta pun kemudian sibuk dengan Hpnya masing-masing, lalu berebut unjuk tangan untuk menjawab pertanyaan yang diberikan Syarief Hasan.

" Itulah contoh nyata bagaimana teknologi memberikan keleluasaan dalam mencari pengetahuan yang bermanfaat. Teknologi ada di tangan kalian, kalianlah yang memutuskan mau dipakai untuk kebaikan atau keburukan. Saya harap dan mendorong diarahkan kepada kebaikan yang berguna buat kalian sendiri dan negara " Tandasnya.





Reponsive Ads