Page Nav

HIDE

Ads Place

Bamsoet : Lomba Free Fly Burung Paruh Bengkok Piala Ketua MPR RI Akan Digelar 25-26 Maret 2022

Berita 24 Indonesia - Ketua MPR RI Bambang Sosatyo memastikan perlombaan free fly burung paruh bengkok memperebutkan piala ketua MPR RI yan...


Berita 24 Indonesia - Ketua MPR RI Bambang Sosatyo memastikan perlombaan free fly burung paruh bengkok memperebutkan piala ketua MPR RI yang akan digelar di blackstone beach Bali pada 25 - 26 Maret 2022.

Lomba tersebut diikuti oleh para komunitas penggemar burung paruh bengkok yang bisa dilepas untuk terbang dari sejumlah daerah di Indonesia.

" Tujuan utama dari lomba free fly burung paruh bengkok adalah mengajak masyarkat mencintai satwa burung yang ada di Indonesia. Sekaligus mengedukasi masyarakat agar mau terlibat dalam menjaga kelestarian satwa burung melalui kegiatan penangkaran " Ujarnya usai bertemu komunitas burung paruh bengkok di Bali, Selasa (4/1/2022).

Lanjutnya menjelaskan negara Indonesia tercatat sebagai negara keempat yang memiliki spesies burung terbanyak di dunia. Setidaknya ada sekitar 1.794 spesies burung di Indonesia.

" Sementara untuk jenis burung paruh bengkok ada sekitar 403 spesies, 81 jenis diantaranya hidup di Indonesia. Semisal, jenis Macaw Scarlet, Blue and Gold, Catalina, Scarve, Patagonian, dan Sun Corner yang akan mengikuti lomba free fly memperebutkan piala ketua MPR RI Maret mendatang " Kata Bomset

Ia mengingatkan keberadaan spesies burung di Indonesia banyak menghadapi ancaman kepunahan. Salah satu penyebabnya yaitu kerusakan habitat alam, perburuan liar, perdagangan, ataupun  habitat yang sempit disertai dengan populasi yang rendah.

" Tugas kita bersama untuk menjaga serta merawat kelestarian satwa burung di Indonesia. Menjaga habitat asli para burung dengan tidak merusak atau menebangi pohon secara liar harus dilakukan. Termasuk, tidak sembarang menangkap burung di hutan, serta membelinya secara langsung ke penangkar yang sudah mendapatkan izin, sehingga kelestarian habitat burung tetap terjaga. " Pungkasnya.

Dalam keterangan di MPR RI, acara tersebut dihadiri oleh Kakanwil Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) Bali Wahyu Priyono, Wakil Bupati Klungkung Wayan Kasta dan Camat Banjarankan Dewo Komang Aswin, para pecinta burung paruh bengkok dan komunitas free fly dari Bali, Jakarta, Surabaya, dan Jogjakarta antara lain Bali free fly, Dewata free fly, pacman, dan lain-lain


(Sumber : MPR RI)




Latest Articles