Page Nav

HIDE

Ads Place

Presiden Jokowi Meresmikan Bendungan Randugunting di Kabupaten Blora

Presiden Jokowi Meresmikan Bendungan Randugunting di Kabupaten Blora/BPMI Setpres Berita 24 Indonesia -  Presiden Republik Indonesia Joko W...

Presiden Jokowi Meresmikan Bendungan Randugunting di Kabupaten Blora/BPMI Setpres



Berita 24 IndonesiaPresiden Republik Indonesia Joko Widodo meresmikan Bendungan Randugunting di Kabupaten Blora, Provinsi Jawa Tengah, Rabu (5/1/2022)

Bendungan yang dibangun sejak tahun 2018 ini  telah selesai dan siap dimanfaatkan.

“Bendungan ini memiliki kapasitas tampung air sebesar 14,4 juta meter kubik dan bisa mengairi kurang lebih 650 hektar sawah yang berada di Kabupaten Blora, Kabupaten Pati, dan Kabupaten Rembang,” ujar Jokowi dalam sambutannya.

Pada peresmian tersebut Kepala Negara berharap, kehadiran Bendungan Randugunting dapat menjadikan ketahanan dan kemandirian pangan menjadi makin baik.

“Kunci dari ketahanan pangan adalah air, dan air itu akan ada kalau kita memiliki waduk yang sebanyak-banyaknya,” jelasnya.

Bendungan Randugunting diketahui memiliki luas genangan 187,19 hektare ini juga memiliki sejumlah fungsi lain, seperti; penyediaan air baku sebanyak 200 liter per detik, dan reduksi banjir sebanyak 81,42 meter kubik per detik.

Kemudian Bendungan Randugunting ini pun juga memiliki fungsi konservasi serta pariwisata.

“Kita harapkan juga Waduk Randugunting ini nanti juga bisa menjadi tempat pariwisata yang sangat baik bagi Kabupaten Blora dan masyarakat di sekitar Kabupaten Blora,” tandasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi juga menaiki perahu wisata naga. Kemudian dilansir dari BPMI Setpres Jokowi beserta dan sejumlah menteri yang mendampinginya pun juga tampak mencoba perahu tersebut sejauh kurang lebih 150 meter.

Peresmian Bendungan Randugunting Presiden Jokowi didampingi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Bupati Blora Arief Rohman.

 

(Sumber : BPMI Setpres)

 

Ads Place