Page Nav

HIDE

Ads Place

Varian Omicron Meningkat, Lestari Moerdijat : Upaya Pencagahan Yang Masif dan Kesiapan Fasilitas Kesehatan Dipastikan

Varian Omicron Meningkat,  Lestari Moerdijat : Upaya Pencagahan Yang Masif dan Kesiapan Fasilitas Kesehatan Dipastikan Berita 24 Indonesia ...

Varian Omicron Meningkat,  Lestari Moerdijat : Upaya Pencagahan Yang Masif dan Kesiapan Fasilitas Kesehatan Dipastikan

Berita 24 Indonesia - Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat mengatakan bahwa penularan varian Omicron meningkat. Hal ini segera mengupayakan pencegahan yang masif, serta kesiapan fasilitas kesehatan harus segera di pastikan agar penyebaran varian baru ini tidak meluas.

" Indikasi meluasnya penyebaran varian omicron di tanah air harus disikapi dengan segera lewat upaya pencegahan penyebaran yang masif " Katanya tertulis dalam keterangannya di MPR RI, Selasa (4/1/2021).

Lanjutnya menurut catatan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) pada akhir tahun lalu sebagian besar varian Omicron di Indonesia terdeteksi di DKI Jakarta, bahkan ketika telah ditemukan kasus transmisi lokal.

Ia menambahkan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin pun mengungkapkan kasus yang disebabkan varian Omicron di DKI Jakarta naik dari 0% ke 13.5% dalam 2 minggu.

" Kecepatan penularan tersebut harus segera diimbangi dengan testing dan tracing yang agresif agar tidak berdampak meluas " Ujarnya.

Kemudian Ia menegaskan penerapan kebijakan karantina harus diperketat di sejumlah pintu masuk bandara, pelabuhan, dan perbatasan antarnegara, agar dapat memastikan bahwa orang yang masuk ke Indonesia tidak terpapar Covid-19.

" Pada akhir Desember lalu, Ditjen Imigrasi Kemenkumham mencatat ada lebih dari 10 ribu WNI yang ke luar negeri " paparannya

Upaya pencegahan masuknya varian Omicron, Lestari Moerdijat menjelaskan harus didukung dengan kelengkapan sarana dan SDM yang memiliki kapasitas dan integritas yang baik dalam melaksanakan tugas tersebut.

Selaint itu, tambahannya mekanisme isolasi bagi orang yang terpapar harus bisa dipantau dengan baik untuk mencegah resiko penularan yang lebih luas.

" Terpenting sejumlah upaya meningkatkan imunitas setiap warga, antara lain lewat program vaksinasi, peningkatan gizi masyarakat dan kebersihan lingkungan harus konsisten dilakukan disetiap daerah " tuturnya



Sumber : MPR RI)




Ads Place