Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

5 Fauna Endemik yang Ditemukan di Thailand

Berita24.com - Flora dan fauna Thailand terkenal di Asia Tenggara, tidak hanya sebagai lumbung padi, tetapi juga karena kekayaan alamnya. ...



Berita24.com
- Flora dan fauna Thailand terkenal di Asia Tenggara, tidak hanya sebagai lumbung padi, tetapi juga karena kekayaan alamnya. Setiap negara di dunia memiliki flora dan fauna endemiknya, termasuk Thailand. Menurut Abdulrasyid Tolangara dan rekan-rekannya dalam buku "Ekologi Kepulauan" (2022), flora endemik adalah tumbuhan yang hanya ditemukan di satu wilayah tertentu, sementara fauna endemik adalah hewan yang hanya ada di lokasi tertentu dalam batas wilayah yang sempit.

Berikut adalah contoh-contoh fauna endemik yang dapat ditemui di Thailand:

Gajah Asia: Gajah Asia adalah salah satu fauna endemik yang terkenal dari Thailand.

Harimau Indochina: Harimau Indochina juga dapat ditemukan di wilayah Thailand.

Jelarang Hitam (Giant Black Squirrel): Jelarang hitam merupakan salah satu spesies tupai yang hanya ada di Thailand.

Beruang Hitam: Beruang hitam adalah jenis beruang yang endemik di Thailand.

Buaya Siam: Buaya Siam atau buaya Siamese juga termasuk dalam fauna endemik Thailand.

Thailand juga memiliki beragam fauna lainnya, seperti kerbau, lembu, kuda, dan berbagai jenis hewan lainnya. Sayangnya, deforestasi telah menyebabkan beberapa spesies hewan eksotik di Thailand mengalami kepunahan atau ancaman serius.

Selain itu, beberapa hewan seperti nyamuk, semut, kumbang, ulat sutera, udang, ular kobra, dan kadal dapat ditemui di Thailand. Beberapa buaya liar dapat ditemukan di bagian selatan Thailand, sementara sejumlah jenis ular berbisa, termasuk kobra, mulai diternakkan oleh warga setempat.

Jadi, Thailand tidak hanya kaya budaya dan sejarahnya, tetapi juga memiliki kekayaan alam yang beragam, termasuk beberapa fauna endemik yang menjadi ciri khas negara ini.



Reponsive Ads